Kegiatan

 

Lomba Esai Mahasiswa: Lindungi Pekerja Rumahan

14 September 2018
Penulis: Intan febriani

Di Indonesia, banyak perempuan miskin bekerja sebagai pekerja rumahan yang belum terlindungi oleh undang-undang ketenagakerjaan. Jumlah pekerja rumahan belum didata dengan pasti, namun ada jutaan orang terutama perempuan yang menggeluti pekerjaan ini. Mereka ada di sekitar kita, memproduksi baju, sepatu,  tas yang biasa kita beli, kerajinan  di rumah kita, atau merangkai peralatan elektronik termasuk gadget kita. Sebagian besar pekerja rumahan bekerja dalam kondisi rentan: upah sangat rendah, tidak ada jaminan sosial dan kesehatan, tanpa perlindungan hukum.

Program MAMPU mengadakan lomba menulis esai untuk mahasiswa sebagai bagian dari kampanye publik “Lindungi Pekerja Rumahan” yang diselenggarakan bersama Radio KBR dan empat mitra yakni Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA), Mitra Wanita Pekerja Rumahan Indonesia (MWPRI), Trade Union Rights Center (TURC), dan Yayasan Annisa Swasti (Yasanti).

Melalui lomba ini, kami ingin mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi melalui tulisan agar lebih banyak masyarakat yang paham tentang kondisi pekerja rumahan dan turut mendukung agar mereka mendapatkan hak-hak-nya sebagai pekerja, seperti: jaminan sosial, kondisi kerja yang layak, dan jaminan kesehatan. Kami percaya, mahasiswa punya peran penting dalam menyebarkan informasi, mengedukasi, dan menginspirasi masyarakat luas.

Tema Utama: Lindungi Pekerja Rumahan

Topik-topik:

  1. Siapa Pekerja Rumahan? Mengapa Kita Harus Peduli
  2. Pengorganisasian dan Pemberdayaan Kelompok Pekerja Rumahan
  3. Perlindungan Hukum dan Dukungan Multipihak bagi Pekerja Rumahan
  4. Tema lain yang relevan

Ketentuan:

  • Peserta adalah mahasiswa S1
  • Tulisan adalah karya asli dalam Bahasa Indonesia dan belum pernah dimuat di media massa
  • Panjang tulisan 700 – 1.200 kata, tidak termasuk referensi
  • Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan
  • Peserta wajib posting di 1 media sosial menggunakan hashtag #lindungipekerjarumahan, mencantumkan link tulisan di blog jika ada
  • Tulisan dikirimkan dalam format Microsoft Word, spasi ganda, setiap halaman diberi nomor, judul esai di bagian atas setiap halaman. Tulisan dikirimkan ke e-mail lombapenulisan.mampu@gmail.com
  • Gambar atau ilustrasi lainnya disertakan dalam file terpisah (boleh disimpan di Dropbox, Google Drive).
  • Referensi – buku, artikel, atau sumber online yang dikutip harus dicantumkan di bagian akhir esai dengan catatan kaki.

Kriteria Penilaian:

  • Kesesuaian dengan tema
  • Cara menyampaikan gagasan
  • Orisinalitas
  • Nilai tambah jika melakukan wawancara langsung dengan pekerja rumahan dan menyertakan foto atau ilustrasi yang relevan

Periode Lomba:

  • 5 September – 7 November 2018

Hadiah:

Kamera terbaru dan gadgets lainnya untuk 9 pemenang

Talkshow “Lindungi Pekerja Rumahan”:

Sebagian materi penulisan dapat diperoleh melalui serial talkshow “Lindungi Pekerja Rumahan” di acara Ruang Publik Radio KBR. Talkshow ini dapat disimak di halaman Facebook dan Youtube Radio KBR.

Talkshow “Lindungi Pekerja Rumahan” dapat disimak setiap hari Rabu tanggal 5 September, 19 September, 3 Oktober dan 14 November di Power FM 892 di Jakarta, atau di 100 radio jaringan KBR di Indonesia melalui streaming kbr.id atau via KBR Apps.

Informasi Lebih Lanjut, hubungi:

Novita (0857-1133-1138)

Intan (08111-61-773)