Tentang MAMPU

MAMPU adalah kemitraan Pemerintah Australia (DFAT) dan Pemerintah Indonesia (BAPPENAS) bertujuan untuk meningkatkan akses perempuan miskin Indonesia terhadap layanan penting dan program pemerintah dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

MAMPU menjangkau perempuan yang terpinggirkan dengan bekerja bersama organisasi masyarakat sipil, Mitra MAMPU untuk memberdayakan perempuan dan mempengaruhi kebijakan pemerintah di tingkat daerah dan nasional. MAMPU memperkuat kapasitas Mitra, memperluas jaringan mereka dan menghubungkan mereka dengan pemangku kepentingan strategis dan pembuat kebijakan.

Mitra MAMPU mengadvokasi perubahan di lima bidang tematik, yang secara langsung mendukung komitmen Indonesia terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan mengembangkan sejumlah ‘model’ yang menjanjikan dan pendekatan.

MAMPU bekerja di 27 provinsi, lebih dari 150 kabupaten, menjangkau lebih dari 940 desa tempat sekitar 3 juta perempuan dan anak perempuan hidup.

Fakta tentang MAMPU

  • 14 Mitra nasional dan > 90 mitra daerah
  • MAMPU bekerja di lima area tematik, yaitu akses kepada perlindungan sosial, perbaikan kondisi kerja, perlindungan buruh migran, perbaikan kesehatan dan nutrisi perempuan dan pengurangan kekerasan terhadap perempuan
  • Membentuk > 1300 kelompok masyarakat beranggotakan > 32.000 perempuan
  • Lebih dari 150 keputusan kebijakan pemerintah sejak 2012 yang berpihak pada perempuan.

Sejarah dan perspektif MAMPU

Dimulai tahun 2012, MAMPU berupaya memperkuat koalisi dengan keanggotaan yang luas, dipimpin oleh berbagai organisasi masyarakat sipil (ormas) guna membengaruhi kebijakan pemerintah, memberdayakan perempuan miskin dan meningkatkan akses mereka terhadap layanan penting.

Sejak tahun 2012, MAMPU fokus pada peningkatan ‘kapasitas dan kesiapan untuk tindakan kolektif’ di antara para mitra (hasil jangka pendek). Fokus awal MAMPU adalah untuk mendukung pengembangan kapasitas internal mitra, kemampuan untuk membangun dan mempertahankan jaringan serta bekerjasama dengan beragam pihak.

Sejak tahun 2015, MAMPU mengharapkan peningkatan ‘suara dan pengaruh’ perempuan di berbagai tingkatan (hasil jangka menengah). Di tingkat desa, perempuan akan lebih terlibat dalam pembuatan keputusan dan partisipasi mereka diakui dalam peraturan desa. Di tingkat Kabupaten, kontribusi MAMPU tercermin dalam keputusan kebijakan yang meningkatkan akses perempuan pada layanan.

Untuk ke depannya, MAMPU mengharapkan perubahan tersebut akan meningkatkan ‘akses terhadap layanan-layanan penting’ bagi perempuan miskin, sejalan dengan diimplementasikannya berbagai keputusan dan kebijakan. Pada 2020, ketiga tahapan ini akan bersinergi terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Dashboard berikut menampilkan sejumlah data dan informasi penting Program MAMPU:

Alamat MAMPU

Setiabudi Atrium, 3rd Floor, Suit 306
Jl HR Rasuna Said, Kav 62, Jakarta
12950 INDONESIA

Telepon:
+62 21 521 0315
+62 21 521 0321
+62 21 521 0377
Faks: +62 21 521 0339
Email: info@mampu.or.id

Hubungi Kami