Publikasi

Newsletter Lokakarya Hibah Inovasi – Edisi 2

Author: MAMPU

Catatan: Only in Bahasa Indonesia

Setelah melalui jadwal yang padat di siang harinya, kami senang peserta sangat menikmati dan berpartisipasi pada Pertunjukan Goyang Karawang di Malam Budaya, kemarin. Ya, workshop hari kedia memang padat dan dimulai dengan kegiatan menarik, yaitu kunjungan ke lapangan. Ada empat pusat kegiatan yang dikunjungi kelompok peserta secara terpisah, yaitu Pasar Telaga Sari, PEKKA Center, Desa Kali Buaya, dan Desa Pasir Kamuning.

Di PEKKA (Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) Center di Desa Kali Buaya terdapat kegiatan PAUD dan pelatihan perawatan rambut. Di sini peserta menguji hipotesis yang telah disusun, wawancara mendalam, mendata, membuat diagram/mind map, dan mengambil foto.

Setelah mencoba merumuskan solusi, peserta diminta mengkaji ulang proposal mereka berdasarkan pengalaman selama  dua hari workshop. Di sini masih ada sebuah komponen penting dari sebuah program, yaitu Pemantauan dan Evaluasi. Fungsi Pemantauan mempunyai bobot sama dengan perencanaan. Keberhasilan mencapai tujuan, separuh ditentukan rencana separuh lagi oleh pemantauan.

Pada hari terakhir, Monitoring & Evaluation Advisor MAMPU akan menjelaskan bagaimana menyusun sebuah perencanaan pemantauan melalui kegiatan maupun contoh-contoh kasus yang disajikan secara menarik.

Kami harap peserta dapat mengikuti seluruh proses workshop dengan baik hingga hari terakhir.

Tetap semangat!


  • Diterbitkan oleh:

  • Tanggal publikasi: