Kegiatan

 

Dalam Rangka 16 HAKtP, Program MAMPU Adakan Kampanye #JanganTutupMata di Media Sosial

13 November 2018
Penulis: Puji Maharani

1 dari 3 perempuan usia 15-64 tahun di Indonesia pernah mengalami kekerasan, baik secara fisik maupun seksual.

Hasil Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN), Badan Pusat Statistik, pada 2016 itu selaras dengan data internasional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Angka ini menunjukkan betapa kekerasan terhadap perempuan merupakan sebuah isu global, dan kita semua perlu bergerak bersama demi mengatasinya.

Untuk itulah, Kampanye 16 Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (16 HAKtP) dirayakan di seluruh dunia setiap tahun.

Kampanye 16 Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (16 HAKtP) mulanya merupakan inisiatif Women’s Global Leadership Institute, yang diadakan oleh Center for Women’s Global Leadership pada 1991. Setiap tahunnya, kampanye dimulai pada 25 November, yang diperingati sebagai Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, dan berakhir pada 10 Desember, Hari Hak Asasi Manusia. Di Indonesia, Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (KOMNAS Perempuan) menjadi inisiator pelaksanaannya sejak 2003.

Tahun ini, dalam rangka kampanye 16 HAKtP, Program MAMPU mengajak Anda untuk turut menyebarluaskan pesan-pesan dan memulai pembicaraan tentang antikekerasan terhadap perempuan di media sosial (Twitter, Instagram, Facebook, dan lainnya), dan tidak lagi memandang isu ini dengan sebelah mata. Mari bersama-sama #JanganTutupMata lewat #MAMPUPhotoChallenge dan #MAMPUVideoChallenge! Ini caranya:

#MAMPUPhotoChallenge:

  • Selama periode 16 HAKtP (25 November-10 Desember), unggah fotomu dengan pose satu tangan menutupi sebelah wajah
  • Beri caption berupa fakta atau opinimu tentang kekerasan terhadap perempuan
  • Sertakan tagar #JanganTutupMata #MAMPUPhotoChallenge #GerakBersama #16HAKtP
  • Agar fotomu dapat tampil di linimasa Twitter kami, mention @ProgramMAMPU dan tiga kawanmu untuk mengikuti tantangan ini
  • Contoh tweet: “#JanganTutupMata! 1 dari 3 perempuan usia 15-64 tahun di Indonesia pernah mengalami kekerasan. Yuk, #gerakbersama cegah dan tangani kekerasan terhadap perempuan. (mention tiga temanmu) ikutan juga, ya! #MAMPUPhotoChallenge #16HAKtP @ProgramMAMPU”

#MAMPUVideoChallenge:

  • Selama periode 16 HAKtP (25 November-10 Desember), unggah video berdurasi maksimal satu menit (dapat menampilkan diri sendiri ataupun hasil wawancara dengan warga masyarakat) untuk menjawab dua pertanyaan ini:
    1. Menurutmu, kekerasan terhadap perempuan itu seperti apa?
    2. Bagaimana cara efektif mencegah maupun mengatasi kekerasan terhadap perempuan?
  • Sertakan tagar #JanganTutupMata #MAMPUVideoChallenge #GerakBersama #16HAKtP
  • Agar videomu dapat tampil di linimasa Twitter kami, mention @ProgramMAMPU di Twitter dan tiga kawanmu untuk mengikuti tantangan ini
  • Contoh tweet: “Kekerasan terhadap perempuan rupa-rupa bentuknya. Bagaimana mengatasinya? Ini pendapat saya, kalau kata (mention tiga temanmu) gimana? Saatnya #JanganTutupMata #MAMPUVideoChallenge @ProgramMAMPU #GerakBersama”

 

Yuk, ikutan!