Kegiatan

 

Brown Bag Lunch: Perempuan Indonesia Melawan Stunting

28 September 2018
Penulis: Drevina Andarini

Sebagai negara yang memiliki pertumbuhan penduduk cukup tinggi, Indonesia masih tertinggal dalam hal memenuhi kebutuhan gizi masyarakatnya. Salah satu indicator yang mencerminkan hal tersebut adalah tingginya angka balita yang mengalami kekurangan gizi kronis dan menderita stunting. Lebih dari 1 per 3 (37,2%) anak Indonesia menderita stunting (Riskesdas, 2013), angka ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan Myanmar (29%), Vietnam (25%) dan Thailand (10%) (data: Global Nutrition Report 2017). Dalam 5 tahun terakhir, Pemerintah Indonesia menjadikan isu stunting sebagai salah satu agenda penting pembangunan. Salah satu faktor yang berperan penting dalam pencegahan stunting adalah perempuan, atau ibu. Pemenuhan kebutuhan zat gizi ibu semasa hamil—bahkan sebelum hamil, pemberian ASI eksklusif, pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya memenuhi kebutuhan gizi keluarga merupakan pintu-pintu utama yang diperankan oleh (terutama) ibu selama masa-masa awal perkembangan anak.

Bagaimana situasi Indonesia terkait stunting dan masalah pemenuhan nutrisi saat ini? Apa kaitannya dengan isu perempuan dan pembangunan Indonesia, serta bagaimana peran perempuan dalam mencegah stunting?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dan hal menarik lainnya akan kita bahas bersama dalam Diskusi Brown Bag Lunch MAMPU yang mengangkat tema “Perempuan Indonesia Melawan Stunting” yang akan diadakan pada:

Hari & tanggal : Senin, 8 Oktober 2018

Waktu                 : 10.00 – 12.00 WIB

Tempat               : Kantor MAMPU

Pembicara         

  • Dina Lumbantobing (PERMAMPU)
  • Brian Sri Prahastuti (Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Kantor Staf Presiden RI)

 

Segera daftarkan diri Anda melalui link berikut: bit.ly/BBL-RSVP 

Acara ini menggunakan fitur crowdsource untuk mengumpulkan pertanyaan yang ingin Anda sampaikan baik secara anonim maupun tidak. Untuk bergabung dalam sesi tanya-jawab, silakan klik bit.ly/BBL-QA

 

Ikuti sesi diskusi melalui Live Tweet dari @ProgramMAMPU. Informasi lebih lanjut, hubungi info@mampu.or.id.