Kegiatan

‘Aisyiyah Pangkep Luncurkan Program GISI di Hari Kanker Payudara Sedunia

Bertempat di halaman rumah jabatan Bupati Pangkajene dan Kepulauan, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep menggandeng LazisMu meluncurkan Program Gerakan Infaq Sayang Ibu (GISI) dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia, Minggu (23/10).

Launching Gerakan Infaq Sayang Ibu (GISI) dengan tagline “Donasimu Selamatkan Ibu” ini bertujuan untuk mengkampanyekan kepada banyak pihak akan pentingnya keselamatan kaum ibu khususnya terbebas dari penyakit yang paling mematikan bagi kaum perempuan yakni kanker payudara juga kanker serviks.

Peluncuran GISI dihadiri oleh berbagai pihak seperti Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Soimah Kastolani, Gubernur Sulawesi Selatan diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, MAMPU Jakarta dan PWA Sul-Sel, Wakil Bupati Pangkep, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), organisasi masyarakat, organisasi perempuan peduli kanker serta sejumlah bidan, guru dan siswa-siswa Kabupaten Pangkep.

Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Pangkep selaku penanggung jawab acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa peluncuran Gerakan Infaq Sayang Ibu (GISI) ini dalam rangka memperingati Pink Day yang jatuh pada bulan Oktober.

“Kegiatan Launching GISI ini adalah upaya mendorong adanya dana untuk kesehatan ibu dan anak termasuk penderita kanker yang ada di Kabupaten Pangke, dengan menggandeng LazisMu sebagai mitra dan dikuatkan dengan penandatangan MoU antara ‘Aisyiyah dan Lazismu. Peringatan Pink Day ini dirasa tepat untuk mengkomunikasikan pentingnya berinfaq kepada seluruh pihak, di mana donasi ini akan digunakan untuk menyelamatkan ibu penderita kanker di Kabupaten Pangkep”. Ujar Sri Hajati.

Selain itu Wakil Bupati Pangkep Syahban Syammana dalam sambutannya setelah melepas peserta jalan sehat hari kanker payudara ini di hadapan ribuan peserta yang hadir mengungkapkan apresiasinya kepada ‘Aisyiyah Pangkep dan keluarga besar Muhammadiyah yang telah menggalang kegiatan kemanusiaan melalui Program GISI untuk membantu kesehatan ibu dan anak yang nantinya bisa bermanfaat bagi kaum perempuan di Pangkep agar terbebas dari bahaya kanker. Selain itu wakil Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada perwakilan MAMPU Jakarta atas peran Pemerintah Australia yang telah mendorong pemberdayaan perempuan melalui program MAMPU baik di daratan maupun kepulauan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Aisyiyah Pangkep yang telah berhasil menggelar jalan sehat dalam rangka hari kanker payudara ini dan telah mendukung pemerintah daerah dalam memajukan kaum perempuan di Kabupaten Pangkep melalui program yang berbasis komunitas akar rumput dengan program MAMPU. Program ini tentunya sejalan dengan program Bupati dalam mempercepat upaya pengentasan kemiskinan seperti yang dijalankan ‘Aisyiyah” Ujar Syahban.

Peringatan Pink Day ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Duta Kanker, tarik tambang, games building team kader MAMPU yang digelar sehari sebelumnya, dan puncak acara dilaksanakan jalan sehat, pameran produk BUEKA, kampanye kesehatan reproduksi, pemberian santunan untuk korban kanker, dialog temu bisnis dan tabligh akbar tahun baru Islam 1438 H.

(Ditulis oleh Nhany Rachman, dilaporkan oleh Suri Putri Utami)