Kegiatan

27 Tenaga Kesehatan Ikuti Pelatihan IVA dari ‘Aisyiyah Sambas

Pada 27 – 30 September 2016 yang lalu, ‘Aisyiyah Sambas, didukung oleh Program MAMPU, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Pelatihan IVA/ Papsmear bagi para tenaga kesehatan (dokter dan bidan). Pelatihan tes IVA tersebut, diikuti oleh 25 orang bidan dan 2 orang dokter yang berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Sambas. Pelatihan berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Nurfauzah selaku tim Program MAMPU ‘Aisyiyah Sambas menyatakan bahwa program ini bisa terlaksana berkat kerjasama yang baik antara ‘Aisyiyah dan Pemerintah Daerah. Tujuan dilaksanakannya program ini, untuk menambah jumlah tenaga kesehatan yang mampu serta bersertifikat dalam melaksanakan pelayanan pemeriksaan IVA/ Papsmear bagi masyarakat umum.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini terdiri dari dua rangkaian acara, yakni dua hari awal untuk pelatihan bagi para tenaga kesehatan, dan dua hari terakhir sebagai praktik pemeriksaan IVA.

Mengenai peserta praktik pemeriksaan IVA, Fauzah menyampaikan “Mulanya, para peserta praktik pemeriksaan IVA merupakan perwakilan dari BSA (Balai Sakinah ‘Aisyiyah). Akan tetapi, pada saat pelaksanaan, ternyata masyarakat umum dan pengunjung Puskesmas tertarik mengikuti pemeriksaan ini. Akhirnya, total peserta yang mengikuti pemeriksaan IVA berjumlah 143 orang.  Dari hasil pemeriksaan ditemukan dua orang IVA positif dan 3 orang ditemukan servisitis,” ujar Fauzah.

Ke depannya, Fauzah mengharapkan di setiap puskesmas yang ada di wilayah Sambas, bisa membuka ruang pelayanan bagi pemeriksaan IVA/ Pap Smear. Saat ini, di Kabupaten Sambas hanya ada dua rumah sakit dan dua puskesmas yang mempunyai peralatan untuk pemeriksaan IVA/ Pap Smear ini.

“Kami berharap ke depannya, paling tidak setiap kecamatan memiliki layanan tes IVA/Pap Smear supaya memudahkan masyarakat Sambas mengakses,” tandas Fauzah. 

Dilaporkan oleh: Suri Putri Utami (‘Aisyiyah)