Anda di sini

Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP)

Forum Kesehatan Perempuan yang terdiri dari sejumlah aktivis, peneliti dan akademisi, mendirikan Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) pada 19 Juni 2001. Adalah organisasi nir-laba yang peduli pada kesehatan reproduksi perempuan.

Tujuan didirikannya organisasi ini, adalah untuk memperkuat jaringan forum perempuan yang peduli terhadap kesehatan. Meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi. Dengan dasar visi mewujudkan hak-hak dasar perempuan dalam seksualitas dan mendapatkan hak kesehatan reproduksi tanpa diskriminasi, tanpa perlakuan buruk, kekerasan dan tekanan dari pihak manapun. Sehingga terbebas dari eksploitasi, kesakitan dan kematian sia-sia.

Strategi yang dilakukan adalah memperkuat gerakan kesehatan perempuan agar menghasilkan perubahan yang efektif bagi lingkungan sekitarnya, terutama kaum miskin. Dan membangun jaringan sampai ke daerah-daerah untuk menjadi pionir dalam mengadvokasi terkait perubahan kebijakan layanan JKN/BPJS.

Didukung oleh Program MAMPU, YKP bekerja di 15 propinsi, terdiri dari Papua, Maluku, NTT, Bali dan NTB, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo, Kalimantan Barat, Aceh dan Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Pekanbaru, Jambi, Lampung, DKI Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur. Dibantu dengan 12 organisasi di tingkat daerah, yaitu PKBI-Aceh, PESSADA-Sumatera Utara, Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat-Sumatera Barat, MITRA AKSI-Jambi, Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR-Lampung, RAHIMA-Jakarta, SPEKHAM-Jawa Tengah, Yayasan Cakrawala Timur-Jawa Timur, Yayasan Lembaga Konsumen-Yogyakarta, Yayasan Maha Bhoga Marga-Bali, Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra-NTB, Pengembangan Inisiatif Dan Advokasi Rakyat-NTT

Mereka melakukan beragam kegiatan, seperti penelitian pelaksanaan skema Jaminan kesehatan Nasional (JKN) dalam kaitannya dengan kebutuhan perempuan dan pelayanan kesehatan  reproduksi dan seksual, pertemuan tingkat nasional, dan advokasi  Undang-Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatandan Peraturan Pemerintah No 61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi.

Jl. Kaca Jendela II No.9, Rawa Jati, Kalibata
Pancoran, Jakarta Selatan 12750

Phone: 
+6221 7902112
Fax: 
+6221 7902109
Website: 
www.ykp2015.org
Email: 
yayasankesehatanperempuan@ykp2015.com

 

 

 

 

Tags Program 4
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top