Anda di sini

Migrant CARE

PROFIL

Migrant CARE adalah organisasi yang bertujuan memperkuat perlindungan yang diberikan lembaga-lembaga negara dalam hal hak-hak pekerja migran. Organisasi yang berkonsentrasi pada penguatan kapasitas dan daya tawar pekerja migran ini didirikan pada 2004 dan memiliki 10 staf dan tiga pengurus serta satu staf perwakilan di Malaysia.

Program-program Migrant CARE merujuk pada usaha memberi advokasi kepada para pekerja migran, yaitu tentang peningkatan kapasitas organisasi dan pembangunan jaringan di Asia Tenggara. Ford Foundation dan Cordaid adalah donor internasional yang telah bekerja sama dengan Migrant CARE. Sementara dari dalam negeri, lembaga ini bekerja sama dengan Yayasan TIFA dan berbagai instansi pemerintah.

Migrant CARE telah menandatangani MoU dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan pada 2007 mengenai program pengawasan pelayanan publik bagi buruh migran perempuan di terminal khusus untuk buruh migran (Terminal TKI) Bandara Soekarno Hatta di Jakarta. Melalui program ini, Migrant CARE mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang permasalahan buruh migran. Migrant CARE juga dilibatkan dalam berbagai kelompok kerja yang diprakarsai oleh Pemerintah Indonesia terkait dengan isu-isu buruh migran. 

PROGRAM

Dalam program MAMPU, Migrant CARE menjalankan isu ke tiga, yaitu Meningkatkan Kondisi Perempuan dalam Bermigrasi ke Luar Negeri untuk Bekerja dengan fokus pada program Pengembangan Inisiatif Lokal untuk Memastikan Jaminan Perlindungan bagi Buruh Migran Perempuan.

Wilayah kerja Migrant CARE pada tahun pertama mencakup empat provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, dan Jawa Tengah yang meliputi 7 kabupaten/kota. Migrant CARE bermitra dengan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS), Social Analysist Research Institute (SARI), Komunitas Belajar Tanoker Ledok Ombo, Perkumpulan Panca Karsa (PPK) dan Institute for Social and Development (INDIPT).

Pada tahun berikutnya, direncanakan adanya penambahan cakupan wilayah yang lebih luas dan mitra pelaksana di daerah. 

Jl. Perhubungan VIII No. 52
RT/RW.001 /007 
Kelurahan Jati 
Kecamatan Pulogadung 
Jakarta Timur, 13220 
 

 

Tel/Fax:
+62-
21-29847581

Website: 
migrantcare.net
Email:
secretariat@migrantcare.net

Twitter:
@migrantcare 

Tags Program 3, Migrant Care
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top