Anda di sini

Koalisi Perempuan Indonesia

PROFIL

Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi didirikan pada Mei 1998 dengan tujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gjender menuju masyarakat yang demokratis, sejahtera dan beradab. Organisasi perempuan ini berbasis pada keanggotaan individu dan hingga akhir 2013 telah memiliki lebih dari 38 ribu anggota yang terdiri dari 18 kelompok kepentingan pada tingkat akar rumput di 900 desa/komunitas di 24 provinsi. Koalisi Perempuan Indonesia  yang mempunyai cabang di 116 kabupaten/kotamadya memiliki anggaran tahunan rata-rata sebesar Rp 8,8 miliar (setara AUD $990,000) dalam masa lima tahun terakhir.

Berdasarkan mandat Kongres Nasional Ke III Koalisi Perempuan Indonesia, agenda advokasi Koalisi Perempuan Indonesia untuk periode 2009-2014 adalah memperjuangkan kebijakan publik yang sensitif gender; Jender Budget (Perencanaan dan Penganggaran Responsif Jender); Peningkatan Keterwakilan Perempuan dalam pengambilan Keputusan; Perdagangan Perempuan dan Anak; Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak; Perempuan dan Fundamentalisme; Perempuan dan Pemiskinan;, Perempuan dan Wilayah Konflik; Perempuan dan Reformasi Keamanan; Perempuan dan Hak Atas Pekerjaan; Perempuan dan Hak Atas Pendidikan; Perempuan dan Hak atas Kesehatan; Perempuan dan Hak Atas Pangan dan Air Bersih; Perempuan dan Globalisasi, Kebencanaan, Lingkungan Hidup dan Perubahan iklim.  Advokasi ini dilakukan di 24 provinsi, yaitu  Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Pembiayaan organisasi diperoleh dari iuran anggota dan sumbangan dari individu,  lembaga lembaga pemerintah maupun non-pemerintah yang bersifat tidak mengikat. Beberapa lembaga Donor Internasional yang mendukung program kerja Koalisi Perempuan Indonesia dalam peride 2009-2014 adalah Kemitraan (Partnership),  Development and Peace (D&P Kanada), Search for Commond Ground (SCFG), The Asia Foundation (TAF), OXFAM Australia, AusAID, ACCESS, HIVOS dan dan IKAT - US. Sedangkan Badan PBB yang memberikan dukungan dan kerja sama dengan Koalisi Perempuan Indonesia antara lain: UN Women, UNODC (United Nation office for Drug and Crime, UNFPA (United Nations Population Fund) dan UNDEF (United Nation Democracy Fund).

Koalisi Perempuan Indonesia  telah bekerja sama dan bersinergi  dengan instansi pemerintah maupun lembaga negara independen, baik  di tingkat lokal dan nasional, antara lain dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP&PA), Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU), Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), juga KOMNAS Perempuan. Dalam melaksanakan kerja-kerja advokasi, Koalisi Perempuan Indonesia menjalin hubungan yang baik dengan organisasi perempuan, organisasi masyarakat sipil baik di tingkat daerah, nasional, regional dan internasional. Sedangkan kerja sama dengan pemerintah di tingkat daerah antara lain dilakukan dengan Biro Pemberdayaan Perempuan, Bappeda, Biro Pemberdayaan Masyarakat, Kesbangpollinmas.

Untuk Kepentingan Peningkatan Kapasitas anggota dan konstituen, Koalisi Perempuan Indonesia telah memiliki 10 jenis modul, antara lain: Modul Pendidikan Berjenjang (Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Lanjut), Modul Pendidikan Kepemimpinan, Modul Pendidikan Pemilih, Modul bagi Calon anggota Legislatif (Peningkatan Kapasitas politik dan manajemen kampanye), modul pengorganisasian.

Pada tingkat kabupaten, cabang-cabang Koalisi Perempuan Indonesia  bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam perumusan kebijakan, pelaksanaan program dan alokasi anggaran. Prestasi Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi dapat dilihat pada program keadilan gender di propinsi Nusa Tenggara Timur dan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bengkulu. Melalui program ini, Koalisi Perempuan Indonesia  memperkuat kapasitas perempuan desa untuk mengorganisir perempuan pada tingkat akar rumput dan melakukan lobi (pendekatan) kepada pemerintah daerah agar lebih tanggap lagi terhadap kebutuhan perempuan setempat.

PROGRAM

Program MAMPU Koalisi Perempuan Indonesia merupakan salah satu pelaksanaan mandat  untuk melakukan advokasi dalam isu perempuan dan pemiskinan. Melalui tema “Meningkatkan Kepemimpinan Perempuan untuk Memperluas akses Perempuan terhadap Program Pengurangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial”, Koalisi Perempuan Indonesia melakukan advokasi kebijakan, penelitian dan penguatan kepemimpinan perempuan di akar rumput.

Selain itu, Koalisi Perempuan Indonesia juga melakukan advokasi untuk pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs) dan terlibat dengan jaringan masyarakat sipil untuk advokasi Agenda Pembangunan Pasca-2015 (Sustainable Development Goal). 

Sampai saat ini wilayah kerja KPI meliputi 19 provinsi dan 80 kabupaten/kota dan dilaksanakan langsung oleh Sekretariat Wilayah KPI di tingkat daerah. Pada tahun berikutnya, direncanakan adanya penambahan cakupan wilayah yang lebih luas.

Jl. Siaga I No.2B
RT/RW.003/05
Pejaten Barat, Pasar Minggu
Jakarta Selatan, 12510 Indonesia

Phone:
+6221 79183221

Fax:
+6221 79183444

Website:
koalisiperempuan.or.id
Email :
sekretariat@koalisiperempuan.or.id

Tags Program 1, Koalisi Perempuan Indonesia
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top