Anda di sini

BITRA | MWPRI | TURC | Yasanti

1. Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia (BITRA) (BITRA Indonesia Foundation)

Profil

BITRA didirikan pada tahun 1986 sebagai sebuah entitas kemudian menjadi badan hukum terdaftar sebagai Yayasan pada tanggal 31 Januari 1990. Yayasan ini percaya bahwa peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia adalah aspek yang paling penting sebagai martabat dalam upaya untuk memajukan bangsa.

BITRA memfasilitasi dan mengarahkan pelaksanaan untuk memberdayakan masyarakat terutama marginal di daerah pedesaan dan mengembangkan pelayanan publik di berbagai tingkatan. Dukungan sumber daya mereka berasal dari hibah yang diperoleh secara lokal, nasional, dan internasional maupun dari unit usaha produktif.

Dengan 15 staf, BITRA telah melakukan kegiatan mereka di beberapa daerah, termasuk Sumatera Utara (Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan) dan Aceh (Bener Meriah Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Simeulue).

 

2. Mitra Wanita Pekerja Rumahan Indonesia (MWPRI)

Profil

Secara de facto MWPRI didirikan pada tahun 1996 di Malang, lalu dilegalkan pada tahun 1998. MWPRI adalah jaringan nasional untuk memberdayakan wanita pekerja rumahan dan organisasinya.

MWPRI, adalah jaringan dan wadah yang berfungsi untuk mewujudkan dan melaksanakan kegiatan bersama dengan seluruh anggotanya untuk meningkatkan kesempatan kerja dan peningkatan akses terhadap perlindungan sosial bagi pekerja rumahan. MWPRI juga bekerja sebagai katalis dalam pergerakan organisasi perempuan pekerja rumahan. Sebagai anggota dari Homenet Asia Tenggara, MWPRI juga disebut sebagai “Homenet Indonesia”.

 

3. Trade Union Rights Centre (TURC)

Profil

Trade Union Rights Centre (TURC) adalah organisasi jasa tenaga kerja yang mengkhususkan diri mendukung pengembangan gerakan serikat buruh independen di Indonesia dengan memberdayakan potensi hukum, sosial, ekonomi dan politik dari gerakan serikat buruh yang dikembangkan sejak era reformasi pada tahun 1998. TURC didirikan pada tahun 2003, dan sejak itu telah terlibat dalam berbagai kegiatan bersama-sama dengan berbagai serikat buruh dan kelompok buruh di berbagai daerah industri di Indonesia dalam empat pulau utama Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kepulauan Riau.

TURC bisa berperan sebagai hub untuk tiga proses:

1. Strategi Hubungan Industrial

Membantu serikat dalam mengembangkan perundingan bersama dan negosiasi dengan pengusaha serta sistem demokrasi internal.

2. Negara Berorientasi Strategi

Advokasi kebijakan dan (tenaga kerja) reformasi hukum.

3. Strategi Yudisial

Mereformasi pengadilan dan aparaturnya.

 

4. Yayasan Annisa Swasti (YASANTI)

Profil

Sebuah organisasi perempuan non pemerintah di Yogyakarta, didirikan tahun 1982 oleh enam orang aktifis perempuan di Yogyakarta.

Mempunyai Visi dan Misi terwujudnya kehidupan masyarakat yang demokratis, bebas dari ketidakadilan gender, mempunyai kesempatan dan kemampuan di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Adapun misi lembaga adalah: (1) Menguatkan organisasi perempuan yang independen dan demokratis. (2) Mengembangkan kesadaran kritis buruh perempuan melalui pengorganisasian, pendidikan dan advokasi. (3) Menguatkan hak-hak ekonomi perempuan

 

Program

Melalui Program MAMPU, ke empat organisasi ini fokus untuk memperbaiki akses perempuan ke pekerjaan yang layak dan menghilangkan diskriminasi dalam dunia kerja. Pekerja rumahan adalah fokus organisasi-organisasi ini. Pekerja rumahan adalah pekerja mandiri dan keluarga mereka yang terlibat dalam penyediaan barang dan jasa untuk kepentinfan pasar.

BITRA mendukung pekerjarumahan di Sumatera Utara, MWPRI mendukung pekerjarumahan di Jawa Timur, TURC mendukung pekerjarumahan di Jawa Tengah dan Yasanti mendukung pekerjarumahan di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mereka melaksanakan berbagai aktifitas untuk mendukung pekerja rumahan, seperti meningkatkan kesadaran akan isu pekerja rumahan, membentuk kelompok pekerja rumahan, memperkuat kelompok pekerja rumahan dengan pengetahuan tentang hak-hak pekerja dan melaksanakan studi perbandingan yang melihat cara yang dapat dilakukan agar perempuan dapat mengakses pekerjaan dan pemasukan yang layak.

 

1. BITRA

Alamat:
Jl. Bahagia By Pass no. 11/35 Medan, Sumatera, Indonesia 20218

Telp.:
 
(061) 787 6408(061) 787 6428

2. MWPRI
Alamat:
Jl. Indragiri III Kav. 74, Malang, Jawa Timur.

Telp.:
 
(0341) 470168 Fax: (0341) 470168

3. TURC
Alamat : 

Jl. Mesjid II No. 28, Pejompongan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Telp.: 
(021) 5744655 Fax.  (021) 5744655

4. Yasanti
Alamat : 

Jl. Puntodewa I DK VII RT 11  Bantul, D.I.Yogyakarta (DIY) 55182
Telp./Fax: 
(0274) 375908 | Hp. : 0813 9260 3597,
 

Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top