Anda di sini

BaKTI

PROFIL

Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) didirikan pada 2009 di Makassar, Sulawesi Selatan. Sebelum 2009, BaKTI merupakan bagian dari Kantor Pendukung Bank Dunia untuk  Indonesia bagian Timur (SOfEI) di Makassar. Saat ini, BaKTI memiliki 22 staf dan delapan anggota dewan penasehat.

BaKTI mengumpulkan dan mendistribusikan informasi tentang program pembangunan dan bantuan yang tersedia untuk pembangunan kawasan timur Indonesia. Mereka juga mendukung para pelaku pembangunan daerah untuk bekerjasama dan menyelaraskan berbagai inisiatif/prakarsa yang berbeda. Organisasi ini juga menyediakan sarana dan menyusun cara untuk memungkinkan para pelaku pembangunan dalam memberikan sumbangan dalam bentuk tindakan dan pemikiran untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam agenda pembangunan.

Saat ini program inti BaKTI mendapatkan dukungan pendanaan dari Pemerintah Australia melalui Australia Indonesia Partnership for Decentralization (AIPD), dan Foreign Affairs, Trade and Development Canada (CIDA).

BaKTI juga menjadi Sekretariat Forum Kawasan Timur Indonesia (Forum KTI). Forum KTI sendiri didirikan pada 2004, dan beranggotakan para pelaku reformasi dari 12 provinsi di Kawasan Timur Indonesia. Para pelaku reformasi ini adalah pejabat pemerintah daerah, legislatif, akademisi, organisasi masyarakat sipil, lembaga swadaya masyarakat, jurnalis, dan sektor swasta. Forum ini memiliki dua sub-forum: Forum untuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), dan Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia.

PROGRAM

BaKTI fokus pada Pendekatan Penguatan Parlemen dari Program MAMPU, yaitu bekerja sama dengan anggota parlemen ; parlemen perempuan, kaukus perempuan, dan anggota parlemen laki-laki yang mendukung advokasi gender, baik di tingkat nasional maupun daerah. Program BaKTI-MAMPU adalah “Penguatan Kapasitas Anggota Parlemen Perempuan dalam Memperjuangkan Kebijakan yang Berpihak pada Perempuan dan Masyarakat Miskin pada 5 (lima) tema isu MAMPU”.

Pada tahun pertama program, BaKTI bekerja di tiga provinsi dan bekerjasama dengan mitra di daerah yaitu; BaKTI di Nusa Tenggara Barat, LPP Bone di Sulawesi Selatan, dan Yayasan Arika Mahina di Maluku. Pada tahun berikutnya, direncanakan adanya penambahan cakupan wilayah yang lebih luas dan mitra pelaksana di daerah. 

Gedung BaKTI
Jl. H. A. Mappanyukki No.32,

Makassar, Sulawesi Selatan

90125

Website
bakti.or.id
Email
info@bakti.or.id 
Phone
+62 411 832228, +62 411 833383
Fax 
+62 411 852146

Tags Program 6
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top