Anda di sini

'Aisyiyah

PROFIL

‘Aisyiyah didirikan pada 1917 sebagai organisasi keagamaan otonom perempuan di bawah Muhammadiyah, yang merupakan salah satu dari dua organisasi Islam terbesar di Indonesia. Sebagai organisasi perempuan otonom, 'Aisyiyah berkontribusi pada pemberdayaan perempuan dengan memperkuat partisipasi perempuan di seluruh aspek kehidupan sosial dan ekonomi. Setelah berjalan selama satu abad. 'Aisyiyah memiliki basis anggota yang sangat luas yang mencapai 10-15 juta perempuan, dengan cabang dan kegiatan di seluruh Indonesia, yang bekerja mendukung pendidikan, kesehatan dan penghidupan perempuan.

MAMPU mendukung 'Aisyiyah untuk meningkatkan akses kepada layanan kesehatan reproduksi. Di tingkat nasional, 'Aisyiyah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Di tinngkat lokal, 'Aiyiyah berfokus pada pembentukan Balai Sakinah 'Aisyiyah (BSA), yang merupakan kelompok perempuan di tingkat lokal. 'Aisyiyah telah merancang suatu konsep 'Model Layanan' yang bekerja di sisi permintaan, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perempuan akan isu-isu kesehatan reproduksi dan hak mereka untuk mengakses layanan, termasuk pemindaian kanker serviks dan payudara. Seiring dengan hal ini, 'Aisyiyah juga bekerja di sisi pasokan dengan cara mengembangkan keterampilan para pekerja kesehatan, dan mengadvokasi diberikannya anggaran yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan secara memadai. 'Aisyiyah saat ini melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut di 97 desa, di 16 kabupaten, di 6 provinsi.

Para pemimpin BSA berpartisipasi aktif di forum-forum perencanaan pembangunan pemerintah desa maupun kabupaten, di mana sekarang mereka dapat melakukan advokasi berbasis bukti untuk meningkatkan pendanaan pemerintah untuk layanan kesehatan reproduksi.

 

Jl. KH. A. Dahlan 32
Yogyakarta, 55161
Indonesia
 

Telp/Fax:
0274 - 562171
Website :
www.aisyiyah.or.id
Email     :
aisyiyah.mampu@gmail.com
aisyiyah_pp@yahoo.co.id

Tags Aisyiyah, Program 4

MAMPU is managed by CowaterSogema International on behalf of The Australian Government Term of Use | Disclaimer

Top