Anda di sini

'Aisyiyah

PROFIL

‘Aisyiyah adalah organisasi sayap perempuan dari Muhammadiyah, satu dari dua organisasi berbasis massa Islam terbesar di Indonesia. Organisasi yang berdiri sejak 19 Mei 1917, atau bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1335 tahun Hijriah, memiliki perhatian khusus dalam memajukan agama, pendidikan, layanan kesehatan dan sosial kepada masyarakat umum. Kelompok organisasi ini menekankan pada peningkatan kualitas hidup perempuan agar dapat mencapai sebuah Keluarga Sakinah dan Qaryah Thayyibah.

Struktur kepengurusan ‘Aisyiyah meliputi perjenjangan mulai dari tingkat Pusat (nasional), Wilayah (provinsi), Daerah (kabupaten), Cabang (kecamatan), hingga Ranting (desa). Saat ini, ‘Aisyiyah bekerja di 33 provinsi, 412 kabupaten, 2611 kecamatan, 7548 desa/ kelurahan di seluruh Indonesia, serta 3 cabang khusus di Mesir, Belanda, dan Malaysia.

Kekuatan ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang hampir berusia satu abad terletak pada gerakannya di tingkat akar rumput dan melalui amal usaha. Ini meliputi antara lain 13 ribu amal usaha pendidikan anak usia dini, amal usaha pendidikan dasar dan menengah; 13 pendidikan tinggi; 568 koperasi; 1.029 Bina Usaha Ekonomi Keluarga (1029); dan amal usaha di bidang kesehatan yang dikelola Muhammadiyah-‘Aisyiyah berupa 87 Rumah Sakit Umum, 16 Rumah Sakit Ibu dan Anak, 70 Rumah Sakit Bersalin, 106 Balai Pengobatan, 20 Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas), 76 BKIA, 105 Rumah Bersalin, serta Posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia.       

Sejumlah lembaga donor internasional yang saat ini bekerja sama dengan 'Aisyiyah di antaranya adalah Asia Foundation, UNICEF, Global Fund for Children, Family Health International, John Hopkins University, dan Advance Family Planning. Sebagai organisasi sosial yang bekerjasama dengan pemerintah, ‘Aisyiyah menandatangani MoU dengan dua lembaga nasional, yaitu (1) Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk promosi kontrasepsi non-hormonal dan program kesehatan reproduksi, dan (2) Departemen Kesehatan tentang program perilaku hidup yang bersih dan higienis, Program Desa Siaga, dan program kesehatan reproduksi.

PROGRAM

Bersama MAMPU, ‘Aisyiyah menjalankan tema isu keempat, yaitu Memperkuat Kepemimpinan Perempuan untuk mencapai Kesehatan Ibu dan Kesehatan Reproduksi yang lebih baik. Program yang saat ini dijalankan adalah “Penguatan Kepemimpinan Perempuan untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan Reproduksi yang Lebih Terjangkau dengan Pendekatan Hak-Hak Perempuan pada Kelompok Dhuafa Mustadh’afin”. Program ini membawa lima isu penting, yaitu ASI, Pelayanan KB, Pap Smear dan Test IVA, Jaminan Kesehatan Nasional, dan Sunat Perempuan.

Pada tahun pertama, ‘Aisyiyah menjalankan programnya di empat  provinsi, yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Ini dilaksanakan langsung oleh organisasi ‘Aisyiyah di tingkat daerah. Pada tahun berikutnya, direncanakan adanya penambahan cakupan wilayah yang lebih luas. 

 

 

Jl. KH. A. Dahlan 32
Yogyakarta, 55161
Indonesia
 

Telp/Fax:
0274 - 562171
Website :
www.aisyiyah.or.id
Email     :
aisyiyah.mampu@gmail.com
aisyiyah_pp@yahoo.co.id

Tags Aisyiyah, Program 4
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top