Anda di sini

Sekolah Perempuan Pulau: Advokasi Perbaikan Puskesmas di Pulau Sabutung, Pangkep

  • Oleh Dhina
  • / 19 Mei 2017

Sekolah Perempuan Pulau selama tiga tahun terakhir telah melakukan advokasi perbaikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Pulau Sabutung, Desa Mattiro Kanja, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. 

Sebelumnya, gedung puskesmas tidak terawat dan ditumbuhi oleh rerumputan tinggi. Sedangkan pelayanan puskesmas masih terbatas, baik dari durasi layanan kesehatan maupun kualitas layanan petugas kesehatan. Namun kini, Puskesmas Pulau Sabutung telah memiliki gedung dan ruangan yang nyaman, serta pelayanan yang lebih baik. 

Perubahan Puskesmas ini bermula dari adanya keterbukaan pemerintah dalam mendengarkan suara-suara dan aspirasi perempuan miskin yang selama ini tidak terdengar karena masih tertutupnya perempuan dalam menyampaikan aspirasi. Ada rasa rendah diri dan tabu dalam membuka kebisuan mereka.

Namun kemudian, keberanian itu tumbuh di diri para perempuan pulau. Kesadaran ini muncul setelah mengikuti Sekolah Perempuan Pulau, dimana mereka mendapatkan pemahaman terkait haknya untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik.

Sejak tahun 2014 hingga 2016, para perempuan Pulau secara terus menerus memberi masukan dan kritikan terkait layanan kesehatan di pulau mereka. Atas usaha tersebut, akhirnya dilakukan pembenahan fisik dan manajemen puskesmas oleh pemerintah daerah.

Demi mendapatkan dan memperjuangkan hak kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di kepulauan terkecil, inisiatif tersebut muncul dan perjuangan yang panjang pun tetap dilakukan.

Dilaporkan oleh: Ros dan Tim Gender Watch - MAMPU, YKPM

Tags
YKPM
Pangkep
KAPAL Perempuan
Sabutung
social protection
sekolah perempuan
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top