Anda di sini

Forum Mitra MAMPU 2017

Tanggal

11 Juli 2017 to 12 Juli 2017

Kemitraan Australia-Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (MAMPU) menyelenggarakan Forum Mitra tahunan pada 11-12 Juli 2017 lalu di Hotel Alila, Jakarta. Acara ini dihadiri lebih dari 140 perempuan dari 23 provinsi, mewakili lebih dari 100 mitra, submitra, dan organisasi di tingkat komunitas. Mereka berkumpul untuk saling berbagi cerita dan berdialog dengan pejabat pemerintah dalam membahas isu kebijakan.

Mengangkat tema Kepemimpinan Perempuan untuk Mengakhiri Pemiskinan Perempuan dan Ketimpangan Relasi Gender, forum ini membahas isu-isu meningkatkan akses terhadap layanan pemerintah, dampak intoleransi dan radikalisme terhadap suara dan hak perempuan, serta pembelajaran yang diambil selama empat tahun berjalannya Program MAMPU (2012-2016). Perwakilan mitra dan pemerintah daerah memaparkan berbagai kisah mereka terkait model inisiatif yang mendorong meningkatnya akses perempuan miskin terhadap layanan pemerintah, termasuk program-program perlindungan sosial, layanan migrasi, asuransi pekerja, deteksi dini kanker (tes IVA dan pap smear), juga peningkatan layanan terhadap korban kekerasan terhadap perempuan.

Dalam Forum, para peserta juga mendengarkan kisah-kisah pemberdayaan, keberanian dan tekad perempuan-perempuan akar rumput, yang berjuang demi menyuarakan pendapat dan terpenuhinya hak-hak perempuan.

Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan, Dr. Ir. Subandi, M.Sc, dan Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga, Woro Sulistyaningrum, ST, MIDS, kembali menyatakan dukungan pemerintah terhadap solusi lokal dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Mereka juga mengakui kontribusi penting mitra-mitra MAMPU terhadap perjuangan negara dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

MAMPU Fase II (2017 – 2020) akan berfokus pada usaha meningkatkan pengaruh dan suara perempuan terhadap kebijakan dan layanan serta terus membangun kapasitas mitra dan organisasi melalui aksi kolektif dan advokasi di tingkat lokal maupun nasional.

Nawala ini merangkum aktivitas yang dilaksanakan pada hari pertama. Informasi acara selengkapnya dapat diakses melalui: http://www.mampu.or.id/en/video/mampu-partners-forum-2017

Lokasi

Hotel Alila Jakarta (Jalan Pecenongan Kav. 7-17, Gambir RT 1/RW 4, Kebon Kelapa, Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, INDONESIA 10120)

Kategori MAMPU
Australian Aid - Managed by Cowater International Inc. on behalf of The Australian Government | Term of Use | Disclaimer
Top