Cerita Perubahan

Memahami Hak Kesehatan dan Reproduksi lewat Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita Riau

11 Mei 2018
Penulis: admin

Saya Kristanti, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di desa Lenggadai Hulu, Riau. Saya ingin menceritakan pengalaman saya yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan seksual. Dua tahun lalu, saya mengalami keguguran ketika menjalani kehamilan anak kedua. Keguguran ini terjadi karena kelelahan yang saya alami. Peristiwa ini meninggalkan trauma dalam diri saya.

Pada awalnya, saya kebingungan bagaimana mengatasi trauma ini. Saya tidak mengetahui isu – isu kesehatan reproduksi dan seksual. Saya hanyalah perempuan rumahan yang fokus mengurus pekerjaan rumah tangga hingga akhirnya saya bertemu dan berkonsultasi dengan Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), salah satu kelompok dampingan Program MAMPU di Riau. Setelah pertemuan tersebut, saya memutuskan untuk bergabung dengan PPSW. Selain bergabung dengan PPSW, saya juga aktif bergabung dengan Koperasi Simpan Pinjam Wanita Bunga Bangsa (WBB) yang merupakan bentukan PPSW. Kesibukan saya di kedua kelompok ini secara perlahan membantu saya melupakan trauma yang saya alami.

Berbekal pengetahuan akan HKSR, saya jadi berani untuk mengambil keputusan yang penting untuk kesehatan reproduksi dan seksual. Saya rajin untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan dan berdiskusi dengan anggota kelompok PPSW dan Koperasi WBB. Berkat hal ini, saya berhasil bangkit dari pengalaman buruk pada saat keguguran. Saya pun dapat menjalani kehamilan yang sehat sembari aktif berorganisasi.

Kini, selain menjadi pengurus PPSW, saya juga menjabat sebagai sekretaris di Koperasi WBB. Melalui dua kelompok ini, saya semakin memahami bahwa kesadaran masyarakat akan Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) perlu ditumbuhkan. Selama ini, isu akan HKSR masih lah tabu untuk didiskusikan. Padahal, pengetahuan akan HKSR ini akan membawa manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan di Riau. Saya sendiri sangat merasakan manfaatnya.

Saya harap, PPSW dan Koperasi WBB tetap berkomitmen untuk mengampanyekan kesehatan reproduksi dan seksual kepada masyarakat di Riau. Semoga, masyarakat Riau semakin memperhatikan isu – isu HKSR demi terciptanya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Ditulis oleh: Kristanti