Cerita

KAPAL Perempuan Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan berbagai Kegiatan

Dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) yang jatuh pada 8 Maret 2016, KAPAL Perempuan didukung oleh Program MAMPU melaksanakan serangkaian aksi dan kegiatan peringatan IWD di enam kabupaten/ kota di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan di Jakarta berupa aksi bersama “Gerakan Perempuan Melawan Ketimpangan”. Sedangkan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, KAPAL Perempuan melalui Sekolah Perempuan melakukan deklarasi penghapusan perkawinan anak serta diadakan pula talkshow radio dengan tema serupa.

Berbeda halnya dengan aktivitas yang dilakukan di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan, Sekolah Perempuan melakukan parade perahu. Uniknya, semua perahu dicat ungu dan bertuliskan pesan perjuangan perempuan. Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow di Radio Torani tentang perlindungan sosial. Dalam kesempatan serupa, para narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut, menandatangani dukungan untuk perjuangan perempuan.

Adapun di Kupang, NTT, aktivitas yang dilakukan adalah dialog publik tentang penghapusan kemiskinan dan hak atas perlindungan sosial perempuan. Hal senada dilakukan oleh para penggiat hak-hak perempuan di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Mereka melakukan advokasi untuk mendorong pelaksanaan Musrenbang khusus perempuan di tingkat Kabupaten.

Di pulau Sumatera, Padang – Sumatera Barat menjadi pilihan lokasi peringatan Hari Perempuan Internasional. Aktivitas yang dilakukan berupa launching Sekolah Perempuan, dan kampanye penghapusan kekerasan perempuan dalam rumah tangga (KDRT).

Dengan diadakannya rangkaian kegiatan peringatan Hari Perempuan Internasional tersebut, diharapkan semakin banyak perempuan Indonesia mendapatkan akses perlindungan sosial, dan pemenuhan hak-haknya.

 

Dilaporkan oleh Margaretha Sariseda Meo (KAPAL Perempuan)