Foto

YSKK Tenunkoe Adakan Pelatihan Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga di Kupang

6_0 (1) 5_6 3_27 2_11 1_40 4_7 6_0
<
>

Pada 25 – 27 Juli 2016, Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) Tenunkoe, yang merupakan salah satu Mitra Hibah Inovasi MAMPU, mengadakan pelatihan Pengelolaan Ekonomi Rumah Tangga bagi kelompok dampingannya. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Amaris, Kota Kupang ini, dihadiri oleh perwakilan YSKK, kelompok penenun perempuan, perwakilan Deperindag, dan Program MAMPU.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Anis, Kepala Bidang Perindustrian Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kupang membuka pelatihan yang ditujukan bagi para penenun perempuan. Bapak Anis telah mendukung YSKK dan menyatakan akan terus mendukung Tenunkoe melalui Deperindag, seperti: pendirian Kampung Tenun, Sekolah Tenun dan wisata Tenun.

Selain itu, Ketua Koperasi Tenunkoe, turut berbagi tentang bagaimana pengelolaan ekonomi rumah tangga dengan manajemen finansial keluarga yang baik untuk mencapai cita-cita keluarganya.

Sebagai rangkaian kegiatan, perwakilan Program MAMPU turut melakukan kunjungan ke kampung tenun di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kupang. Desa ini merupakan desa baru dampingan YSKK, yang direkomendasikan oleh Deperindag Kab. Kupang. Rencananya, selain untuk berjualan tenun, kampung tenun ini akan diupayakan untuk menjadi pusat wisata tenun yang memberi kesempatan terbuka bagi masyarakat umum untuk belajar menenun.

Kunjungan juga dilakukan ke Kelompok Penenun Desa Sillu. Dalam kunjungan ini, Kepada desa dan Sekretaris desanya mengutarakan akan memasukkan anggaran untuk kelompok tenun Sillu di APBDes untuk keberlanjutan kegiatan ekonomi para perempuan penenun.

Dilaporkan oleh: Dyana Savina Hutadjulu (Innovation Officer – Program MAMPU)