Foto

Yayasan Kesehatan Perempuan Luncurkan Buku tentang Pernikahan Anak di Bondowoso

27 Juni 2018
Penulis: admin

1_51
<
>

Pada 19 Juli 2016, Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) meluncurkan buku yang berjudul “Memangkas Pernikahan Anak – Pengalaman Lapangan di Bondowoso”. Acara yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, dilakukan dalam rangka HUT YKP ke-15.

Salah satu acara dalam peluncuran buku ini adalah talkshow dengan narasumber Drs. H. Amin Said Husni (Bupati Bondowoso), Ibu Ririn Sefsani (spesialis gender) dan Ibu Lies Marcoes (aktivis perempuan) yang mengupas fenomena pernikahan anak di Indonesia dan keberhasilan Bondowoso dalam mengurangi angka pernikahan anak. Ibu Zumrotin K. Susilo selaku Ketua YKP, juga menyampaikan kerugian dan masalah yang ditimbulkan dari pernikahan anak, baik dari sisi kesehatan, sosial maupun ekonomi.

Sebagai penutup, Bapak Hilmar Farid – Direktur Jenderal Kebudayaan di Kemendikbud RI, menyampaikan bahwa pernikahan anak termasuk dalam permasalahan dari segi budaya. Sebagai tindak lanjut, Bapak Hilmar Farid menyambut baik ajakan untuk melakukan diskusi dan pembahasan yang lebih dalam tentang perkawinan anak, serta mengajak berbagai elemen masyarakat untuk memberi masukan dan bersama-sama mencari solusi dan strategi yang tepat.

Dilaporkan oleh: Kurnia Wijiastuti (YKP)