Cerita Perubahan

TVRI Yogyakarta Sorot Isu Kekerasan terhadap Perempuan Disabilitas Bersama CIQAL

c b a
<
>

Pada 16 Juli 2016 yang lalu, TVRI Jogja melakukan peliputan di sekretariat CIQAL, salah satu mitra KOMNAS Perempuan yang didukung oleh Program MAMPU. Peliputan ini sebagai bagian dari program TVRI Jogja terkait penayangan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Yogyakarta, dengan tema “KAMI BISA”. Isu yang diangkat adalah kampanye anti kekerasan terhadap perempuan disabilitas serta penyampaian isu disabilitas dan isu Kekerasan Seksual di Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, TVRI Jogja meliput tentang profil lembaga, program dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CIQAL. Selain itu juga dilakukan perekaman testimoni dari penyandang disabilitas penerima manfaat dari CIQAL.

CIQAL (Center for Impoving Qualified Activity in Live of People with Disabilities) adalah organisasi yang berdiri pada tahun 2003 dan bekerja untuk penyandang disabilitas/difabilitas. CIQAL fokus pada kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari teman-teman difabel/ disabel, agar mereka bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam hidup bermasyarakat.

CIQAL bertujuan agar penyandang difabel dapat meningkat kesejahteraan ekonominya serta mandiri terutama secara ekonomi. Dari temuan CIQAL, penyandang difabel masih sering menjadi pihak yang terpinggirkan dan banyak dari mereka yang termasuk dalam golongan yang lemah secara ekonomi, pendidikan dan ketrampilan. Oleh karena itu, CIQAL secara aktif memberikan pelatihan, program pemberdayaan ekonomi, penyadaran hak politik bagi difabel, serta berbagai event disabilitas.

Dilaporkan oleh: Ibnu Sukaca (CIQAL)