Foto

TURC: Audiensi Pekerja Rumahan dan Serikat Buruh ke Komisi E DPRD & BPJS Kesehatan Jawa Tengah

3_17 2_64 1_77
<
>

Pada 16 September 2016, elemen Serikat Buruh dan Pekerja Rumahan dari Semarang, Solo, Sukoharjo, Pekalongan melakukan Audiensi ke Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Kantor BPJS Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Acara yang difasilitasi oleh Trade Union Rights Centre (TURC) ini, mempertemukan perwakilan Perempuan Pekerja Rumahan dan perwakilan serikat buruh untuk berkolaborasi dan memetakan temuan-temuan lapangan terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah berlangsung sejak tahun 2014.

Dalam kesempatan tersebut, para perwakilan menyampaikan hasil temuan masalah di lapangan kepada Komisi E DPRD dan BPJS, terkait dengan kepesertaan, fasilitas kesehatan (dasar dan lanjutan), portabilitas sistem rujukan, ketiadaan akses PBI (Penerima Bantuan Iuran) bagi buruh yang terkena PHK.

Melalui audiensi langsung, perwakilan Perempuan Pekerja Rumahan juga menyampaikan rekomendasi yang diberikan kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Tengah dan Badan Pengawasan Jaminan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah agar menjadi rujukan dan bahan pertimbangan untuk membenahi sistem pelayanan kesehatan. Diharapkan, adanya rekomendasi ini dapat memaksimalkan pelaksanaan integrasi Nasional Jaminan Kesehatan secara menyeluruh, guna menghentikan rantai pemiskinan terhadap rakyat yang sakit.

Dilaporkan oleh: Ratih Sukma (TURC)