Foto

TURC Adakan Pelatihan untuk Bangun Kesadaran Hak Pekerja Rumahan

4_23 3_57 2_62 1a_2
<
>

Pada 21 – 23 September 2016, Trade Union Rights Centre (TURC) mengadakan pelatihan tentang pembangunan kesadaran hak pekerja rumahan di Cirebon, Jawa Barat. TURC adalah salah satu mitra yang didukung oleh Program MAMPU. Sejak tahun 2015, TURC turut memotivasi dan membantu para pekerja perempuan di Cirebon, Jakarta dan Tangerang untuk membentuk organisasi dan rutin melakukan kegiatan bersama-sama.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 orang peserta perempuan pekerja rumahan Cirebon ini, dilatarbelakangi oleh fenomena pekerja rumahan yang semakin marak terjadi. Beberapa alasan pekerja rumahan semakin menjamur adalah karena praktik buruh rumahan sangat menguntungkan pihak perusahaan karena ditengarai bisa mengurangi biaya produksi antara 40-50%. Selain itu, pengusaha juga tidak perlu membayar upah sesuai UMK ataupun UMR, tidak harus membayar jaminan kecelakaan kerja, kesehatan, pajak dan tunjangan hari raya. Fenomena tersebut mulai menyebar di beberapa provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Menjadi buruh rumahan merupakan problematika sendiri. Selain kondisi kerja yang kurang layak, mereka juga kurang mendapatkan pengakuan dan memiliki suara. Hal itu bisa terjadi karena mereka bekerja di dalam ruang pribadi dan tidak teroganisir, sehingga mereka memiliki hambatan untuk terlibat dalam organisasi pekerja.

Selain itu, sebagian besar pekerja rumahan adalah perempuan dengan tingkat pendidikan rendah. Ini berarti mereka memiliki pengetahuan dan akses informasi yang terbatas untuk meningkatkan kondisi kerja mereka. Oleh karena itu, dalam upaya untuk memberdayakan pekerja rumahan dibutuhkan pembentukan organisasi pekerja rumahan agar mereka lebih teroganisir atau memiliki keterwakilan terkait advokasi perbaikan kondisi kerja mereka.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pekerja rumahan mengenai hak-hak mereka sebagai pekerja, memberikan pengetahuan kepada pekerja rumahan pentingnya berorganisasi dan pengetahuan seputar koperasi. Diharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas organisasi pekerja rumahan.

Salah satu narasumber dalam pelatihan ini adalah Bapak Yohanes Haryono, perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Cirebon yang menjelaskan informasi seputar koperasi. Selain paparan materi, peserta juga diajak untuk mengevaluasi kegiatan mereka serta program kerja organisasi ke depan.

Dilaporkan oleh: Talita Rahma (TURC)