Foto

Tingkatkan Pemahaman Perancangan Kebijakan, MAMPU Adakan Pelatihan untuk Para Mitra

6_4 5_4 4_4 3. Mulyadi from Sari Solo 2_16 1_24
<
>

Program MAMPU mengadakan Pelatihan Merancang Kebijakan Bagi Para Mitra MAMPU yang berasal dari berbagai daerah. Pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan PUSKAPOL- UI (Pusat Kajian Politik – Departemen Ilmu Politik FISIP UI). Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari (11 – 13 April 2016) di Hotel Harris Tebet ini, dihadiri oleh 31 peserta dari 20 kota di seluruh Indonesia (mulai dari Nias sampai ke Ambon). Sebagian besar peserta yang hadir merupakan sub-mitra dari MAMPU.

Pelatihan ini bertujuan sebagai proses belajar bersama untuk memahami prosedur formal pembuatan kebijakan (UU dan Perda) menurut peraturan perundangan yang berlaku, dan aspek-aspek politik dalam implementasi prosedur formal tersebut. Selain itu, juga untuk meningkatkan kepekaan peserta pelatihan bahwa kerja advokasi kebijakan merupakan proses politik yang di pahami melalului pemetaan kelompok masyarakat sipil dan kepentingan pelaku kebijakan, serta memperkuat pengetahuan peserta dalam menyiapkan naskah kebijakan sebagaia dari memengaruhi pelaku kebijkan dan mengawal proses pembahasan kebijakan.

Selama pelatihan, Puskapol UI mengajak para peserta untuk berbagi pengalaman dalam melakukan advokasi. Selain itu, mereka juga melakukan diskusi bagaimana merancang strategi advokasi kebijakan.

Mulyadi, dari Sari Solo, berbagi pengalamannya dalam mengadvokasi Perda Perlindungan Buruh Migran di Wonosobo, Jawa Tengah. Ia banyak melakukan lobi dan negosiasi melalui jaringan eksekutif seperti Bupati dan SKPD terkait, daripada melalui jaringan legislatif.

Untuk memeriahkan proses pelatihan, diadakan kuis dan diskusi kelompok tentang alur pembuatan Undang-undang dan Peraturan Daerah. Pemenang kuis mendapatkan hadiah berupa buku dari Puskapol UI.