Foto

SARI Dampingi Pertemuan Rutin Kelompok BMI di Wonosobo, Jawa Tengah

4. Pertemuan rutin kelompok BMI Bumi sejati desa Rogojati, diskusi kelompok dan praktek pembuatan tempe INOKU 3. Kelompok Sindu bumi deaa sindu paten kec kertek. Pwetemuan dan diskusi kelompok 2. Pwrtemuan kelompok Migrant bijak Mergosari dusun Rejosari,desa Mergosari kec Sukoharjo, pertemuan rutin diskusi arisan 1. BMI
<
>

Pada 14 – 16 September 2016, SARI, salah satu mitra Migrant CARE mengadakan kegiatan pendampingan bagi pertemuan rutin kelompok Buruh Migran Indonesia (BMI) yang ada di Wonosobo. Pendampingan ini merupakan bagian dari penguatan organisasi atau kelompok yang dilakukan SARI setiap bulannya.

Pertemuan atau diskusi rutin kelompok membahas berbagai hal maupun mengadakan kegiatan pelatihan atau praktik keterampilan bagi anggota kelompok. Selain itu, mereka juga membahas tentang masukan, saran, serta penyampaian kemajuan kelompok. Diharapkan, dengan pertemuan ini para anggota maupun aparat desa semakin terbuka dan meningkat pemahamannya terkait migrasi aman.

Salah satu pendampingan yang dilakukan SARI yaitu pada pertemuan rutin Kelompok BMI Muiwo yang dilaksanakan di Balai Desa Lipursari, Kecamatan Leksono. Pertemuan ini dihadiri oleh anggota kelompok, Kepala Desa Lipursari, serta Koordinator program dan staff SARI.

Pendampingan juga dilakukan di Kelompok Bumi Sejati, Desa Rogojati, Sukoharjo yang melakukan pelatihan dan praktik pembuatan tempe Inoku. Di Kelompok Migran Bijak Mergosari (MBM) Desa Mergosari, Kecamatan Sukoharjo, dilakukan perkenalan dengan anggota baru yang memiliki kreatifitas membuat tas dari tali kur. Adapun di kelompok BKM Desa Kuripan, Kecamatan Watumalang membahas tentang rencana kegiatan oleh pengurus baru. Sedangkan di Kelompok Sindu Bumi, Desa Sindu Paten, Kecamatan Kertek, dilakukan diskusi kelompok.

Dilaporkan oleh: Tri Widiyanto (SARI)