Foto

Kelompok Konstituen Kendari Bentuk Forum untuk Bangun Jaringan di Sulawesi Tenggara

26 Juni 2018
Penulis: admin

Forum Konstituen Kendari (Foto RPS Kendari) (3) Forum Konstituen Kendari (Foto RPS Kendari) (2) Forum Konstituen Kendari (Foto RPS Kendari) (1)
<
>

Kelompok Konstituen (KK) Kota Kendari membentuk Forum Konstituen Kota Kendari (FK3). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Yayasan Rumpun Perempuan Sultra (RPS), salah satu mitra BaKTI – Program MAMPU, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Acara yang dilaksanakan pada akhir Maret 2016 yang lalu ini, dihadiri oleh 21 orang yang merupakan perwakilan dari 15 KK di Kota Kendari. Untuk pertama kalinya, Ibu Mieke, Ketua KK Mandiri Kelurahan Lepo-lepo terpilih menjadi Koordinator FK3.

Sebagai wadah yang menghimpun KK di Kota Kendari, pembentukan FK3 bertujuan untuk: (1) membagi informasi dan pembelajaran antar kelompok konstituen; (2) membangun jaringan kerja advokasi pengaduan warga; dan (3) membangun solidaritas antar kelompok konstituen.

Pembentukan FK3 ini diharapkan dapat memperkuat upaya-upaya yang dilakukan masyarakat sebagai konstituen dalam membangun jaringan dengan wakil mereka di parlemen, serta mengadvokasi kebutuhan dan kepentingan konstituen untuk mengakses layanan sosial negara.

KK adalah organisasi akar rumput yang dibentuk untuk membangun jaringan dengan wakil mereka di parlemen (DPR/DPD/DPRD). Oleh karenanya, KK mampu memantau wakilnya di parlemen yang bekerja untuk kepentingan konstituen. Di samping itu, adanya KK ini diharapkan dapat memperkuat advokasi masyarakat sehingga mereka dapat mengakses layanan publik yang disediakan oleh Negara.

Dilaporkan oleh: M. Ghufran H. Kordi K. dan Alex Fabio