Cerita Perubahan

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Ikuti KKN Tematik Desa Peduli Buruh Migran di Tiga Kabupaten di Jawa Tengah

5_28 4_43 3_79 2_100 1_123
<
>

Sejumlah 100 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman – Purwokerto dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI). Pelaksanaan KKN Tematik Desbumi diselenggarakan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo (7 desa), Kabupaten Kebumen (2 desa) dan Kabupaten Cilacap (1 desa).

KKN Tematik Desbumi ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Migrant CARE dengan Universitas Jenderal Soedirman – Purwokerto yang didukung oleh MAMPU, untuk turut berkontribusi aktif dalam memberdayakan buruh migran melalui Desbumi.

Melalui KKN Desbumi ini, diharapkan dapat memberikan perlindungan kepada buruh migran dengan memperkuat peran desa dan komunitas di desa-desa tempat lokasi KKN. Fokus Desbumi adalah penguatan lima pilar yaitu pilar advokasi, pilar kelembagaan, pilar pendataan dan penyebaran informasi, pilar pemberdayaan keluarga dan pilar pengembangan ekonomi.

Pelaksanaan KKN ini berlangsung pada tanggal 25 Juli- 28 Agustus 2017 dengan melibatkan 100 orang mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman dan 10 orang Dosen Pembimbing Lapangan. Sebelum diterjunkan ke desa, para mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan diberikan pembekalan tentang migrasi aman dan program Desbumi.