Foto

Pelatihan Teknik Cerita Perubahan Bermakna untuk YSKK di Kupang, NTT

6_13 5. Mama Jublina Saduk 4. Mama Yudith 3_18 2_24 1_10
<
>

Pada 26 – 28 September 2016, Program MAMPU mengadakan Pelatihan Teknik Cerita Perubahan Bermakna atau Most Significant Change (MSC) untuk Mitra Inovasi MAMPU, Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) di Kupang, Nusa Tenggara Timur. MSC adalah suatu metode pengumpulan dan analisis cerita tentang perubahan-perubahan yang terjadi terutama di tingkat penerima manfaat.

Pelatihan ini diikuti oleh para staf YSKK dan perwakilan dari 8 kelompok dampingan Tenunkoe. Mereka mendapatkan pelatihan teoritis dan praktik terkait MSC dari staf MAMPU.

Untuk praktik lapangan MSC, peserta diajak berkunjung ke Desa Oesao dan Desa Teunbaun untuk berlatih wawancara dan mengumpulkan bahan untuk cerita dari para penerima manfaat.

Mama Yudith, anggota Kelompok Jahit di Desa Oesao menyampaikan testimoninya. “Dulu saya tidak bisa jahit rapi, tidak tahu pola. Namun sejak ikut program YSKK saya lebih punya ilmunya. Jadi sekarang anak-anak pun saya bagi ilmunya. Anak-anak jadi tahu sekarang, agar nanti bisa bantu saya.”

Perubahan juga dirasakan oleh Mama Jublina Saduk, Ketua Kelompok Desa Oesao yang diwawancarai oleh Ibu Susi dari YSKK. Ia mengatakan, ” Semenjak ikut Gerakan Tenunkoe, saya dan mama-mama merasa adanya perubahan sikap suami yang sekarang mau mengambil peran di pekerjaan rumah tangga.” 

Dilaporkan oleh: Dyana Savina Hutadjulu (Innovation Officer – Program MAMPU)