Foto

Jaringan Perempuan Peduli Kesehatan Evaluasi Kerja Advokasi Kesehatan Reproduksi

27 Juni 2018
Penulis: admin

6_6 7_0 5_7 4_6 3_9 2_15 1_2
<
>

Pada 20 – 22 Juli 2016 yang lalu, Jaringan Perempuan Peduli Kesehatan (JP2K-YKP) mengadakan pertemuan rutin tahunan – Nasional Forum ke-3. Kegiatan yang mengambil tema “Evaluasi Kerja JP2K terkait Advokasi Layanan Kesehatan Reproduksi dalam Skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)”

Acara yang diadakan di Harris Convention & Hotel Bekasi ini, dihadiri oleh 15 perwakilan provinsi jaringan YKP di Indonesia, antara lain: Cakrawala Timur (Jawa Timur); Perempuan DAMAR (Lampung); FPMP (Sulawesi Selatan); GASIRA (Maluku); LKY (Yogyakarta); LP2M (Sumatera Barat); LPSDM (Nusa Tenggara Barat); Yayasan Maha Bhoga Marga (Bali); Yayasan Mitra Aksi (Jambi); PESADA (Sumatera Utara); PIAR (NTT); PKBI (Aceh); Rahima (Jakarta); SPEK-HAM (Jawa Tengah); dan Swara Parangpuan (Sulawesi Utara).

Dalam forum nasional ini, JP2K – YKP membahas hasil studi survei JKN tahap II terkait pengalaman di lapangan dan advokasi layanan kesehatan reproduksi dalam skema JKN.

Sebagai rangkaian dari Nasional Forum Ke-3 ini, JP2K – YKP juga melakukan Audiensi dengan Kementerian Kesehatan RI pada Jumat, 22 Juli 2016. Dalam audiensi tersebut, JP2K berdiskusi langsung dengan Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek Sp.M(K).

Audiensi dilanjutkan dengan BPJS Kesehatan oleh beberapa perwakilan Jaringan Perempuan Peduli Kesehatan (JP2K) – YKP. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Zumrotin K Susilo selaku Ketua YKP, menyerahkan hasil Survei JKN tahap II kepada BPJS Kesehatan RI.

Dilaporkan oleh: Kurnia Wijiastuti (YKP)