Foto

Mitra Migrant CARE NTB Optimalkan Tata Kelola Program Perlindungan Buruh Migran

3a_2 2_69 1_81
<
>

Pada 30 September – 1 Oktober 2016 yang lalu, Migrant CARE didukung oleh MAMPU, mengadakan Forum Mitra MAMPU – Migrant CARE terkait Optimalisasi Peran dan Tanggung Jawab Bersama dalam Tata Kelola Program untuk Perluasan dan Penguatan Perlindungan Buruh Migran Indonesia dan Anggota Keluarganya. Pertemuan ini dihadiri oleh enam mitra kerja daerah Migrant CARE, yaitu SARI, Tanoker, YKS, PPK Mataram, MC Banyuwangi, dan MC Kebumen.

Kegiatan yang dilaksanakan di Batu Layar, Nusa Tenggara Barat tersebut, mendiskusikan capaian yang sudah dilakukan oleh Migrant CARE dan para mitra selama satu tahun terakhir.

Diskusi juga membahas terkait strategi implementasi program advokasi kebijakan baik di tingkat nasional (Revisi UU 39 tahun 2004 tentang RUU PPILN) maupun advokasi kebijakan di tingkat lokal (Peraturan Daerah dan Peraturan Desa), serta penguatan dan perluasan program Desa Peduli Buruh Migran untuk mendekatkan akses BMI Perempuan dan anggota keluarganya kepada layanan perlindungan yang integratif dan responsif gender.

Selain itu, forum ini juga membahas laporan perkembangan kondisi tata kelola program dan keuangan, diskusi dan bedah buku panduan membangun Desa Peduli Buruh Migran, serta perencanaan prioritas dan sinergi kegiatan program MAMPU – Migrant CARE tahun 2017.

Dilaporkan oleh: Tri Widiyanto (SARI)