Foto

Laporan Migrant CARE Tunjukkan Keberhasilan Desa Peduli Buruh Migran

26 Juni 2018
Penulis: admin

20160309143327
<
>

Sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Perempuan Internasional, pada tanggal 7 Maret 2016, Migrant CARE salah satu mitra MAMPU meluncurkan Laporan Kebijakan Migrasi di Indonesia. Acara yang dilaksanakan ke Warung Daun, Cikini dihadiri oleh pembiacara dr Kementrian Luar Negeri RI Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal; Kepala Desa Kradegan, Kebumen, Ragil Saputra; Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS), Kor Sakeng; Migrant Care, Anis Hidayah dan Wahyu Susilo.

Di dalam konferensi pers, Kemenlu menyatakan bahwa sesuai dengan tupoksi, Kemenlu menerima dan melayani Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang datang melapor ke pihak mereka dengan kondisi apapun.

Setelahnya, Kepala Desa, Ragil menyampaikan bahwa Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI), yang didukung oleh Program MAMPU mempunyai beberapa keberhasilan. Salah satunya, melalui DESBUMI, mereka berhasil mendampingi kasus calon TKI yang gagal berangkat karena sakit, jika tdk ada pendampingan dr DESBUMI maka calon TKI tersebut harus membayar denda sebesar Rp.25juta kepada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

Dilaporkan oleh Indah Utami (Migrant CARE) dan Qorihani (MAMPU)