Foto

MAMPU Latih Staf Tangani Kasus Fraud

5_5 4_8 3_8 2_11 1_12
<
>

Jumat, 13 Oktober 2016, Program MAMPU mengadakan pelatihan dan diskusi internal untuk staff MAMPU terkait Fraud Reporting. Pelatihan ini ditujukan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan serta kapasitas staff MAMPU terkait pengelolaan administrasi dan keuangan. Pelatihan yang diikuti oleh 17 orang staff di Kantor MAMPU ini, disampaikan oleh Michaela Sargent dari Abt Associates. Abt Associates merupakan mitra MAMPU – Cowater terkait financial reporting, auditing and administration.

Dalam kesempatan tersebut, Michaela Sargent menjelaskan segala sesuatu tentang fraud (penipuan atau penggelapan), termasuk definisi, indikator fraud dan contoh-contohnya. Sargent menyampaikan contoh kasus fraud di beberapa negara serta bentuk-bentuknya. Selain itu, disampaikan pula bagaimana cara mendeteksi adanya indikasi kasus penipuan dalam pengelolaan keuangan dan administrasi dari organisasi, yaitu dengan cara audit, kunjungan lapangan, dan juga investigasi.

Prinsip utama yang harus diterapkan dalam mengelola keuangan dan administrasi adalah zero tolerance to fraud. Untuk itu, perlu juga dilakukan aksi dan usaha pencegahan dengan mengadaptasi manajemen krisis (risk management), dan juga mengadakan pelatihan kepada staf pengelola dan mitra terkait etika dan fraud awareness. Untuk memastikan pencegahan tersebut, perlu diterapkan code of ethicsdan kedisiplinan (effective disciplinary measures).

Sebagai penutup, peserta pelatihan diajak untuk bersama-sama mengidentifikasi apakah suatu kondisi atau kasus termasuk dalam fraud atau tidak. Selain itu juga peserta turut berbagi dan berdiskusi tentang pengalaman dan kasus fraud yang pernah ditemui. Untuk membedakan dan mengetahui batasan fraud atau bukan, perlu dilihat pula peraturan yang berlaku di dalam organisasi tersebut.