Foto

MAMPU Dukung Mitra Rancang Audit Internal Partisipatif Organisasi

Audit internal (5) Audit internal (4) Audit internal (1)
<
>

Tujuh rekan dari PERMAMPU (Konsorsium Perempuan Sumatera MAMPU), salah satu mitra MAMPU, saat ini sedang berpartisipasi dalam lokakarya Audit Partisipatif Internal di Medan, Sumatera Utara. Lokakarya, yang akan berjalan mulai 31 Agustus hingga 1 September 2015 ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan mitra MAMPU dalam merencanakan audit internal organisasi dan merancang tools audit internal partisipatif lembaga mereka sendiri.

“Kami sangat tertarik dalam pelatihan ini karena audit partisipatif merupakan hal yang baru bagi kita. Biasanya, kita diaudit oleh auditor eksternal. Saya benar-benar ingin tahu apa audit internal itu, ” ungkap Ramida Katharina, Direktur Eksekutif PESADA, peserta lokakarya.

Audit internal akan dilakukan oleh staf lembaga yang ditugaskan untuk meninjau kinerja keuangan, operasional dan hukum lembaga. Kata ‘partisipatif’ mengacu pada proses audit mana auditor internal melibatkan auditee (orang yang akan diaudit) sehingga kedua belah pihak memahami kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja mereka.

Peserta lokakarya dua-hari ini adalah direktur lembaga, manajer umum, petugas keuangan dan staf.