Foto

Kunjungan Kedutaan Australia ke Serikat Pekerja Rumahan di Tanjung Morawa, Sumatera Utara

1. Kunjungan DFAT_0 4_8 3_5 2_12
<
>

Pada 26 Juli 2016, Perwakilan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia bersama-sama dengan Program MAMPU melakukan kunjungan ke Serikat Pekerja Rumahan (SPR) di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Patricia Bachtiar dari Kedutaan, melakukan dialog dan diskusi bersama-sama dengan para anggota Serikat Pekerja Rumahan.

Ibu Rosita Limbong, wakil ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SPR Kota Medan, bercerita tentang pengalaman mengadvokasi kenaikan upah kepada perantara. Beliau bekerja membungkus cabe yg biasa menjadi bumbu pelengkap mie instant.

Kelompok perempuan Pekerja Rumahan di Tanjung Morawa ini merupakan salah satu kelompok dampingan dari Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia (BITRA). BITRA memfasilitasi dan mengarahkan pelaksanaan untuk memberdayakan masyarakat terutama marginal di daerah pedesaan dan mengembangkan pelayanan publik di berbagai tingkatan. BITRA telah melakukan kegiatan mereka di beberapa daerah, termasuk Sumatera Utara (Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan) dan Aceh (Bener Meriah Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Simeulue).

Dilaporkan oleh: Qorihani (Partner Engagement Officer – Program MAMPU)