Foto

 

KPI Tuban Perdalam Isu dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

27 Juni 2018
Penulis: admin

3_1 2_3 1_12
<
>

Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Tuban, Jawa Timur mengadakan focus group discussion (FGD) di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Acara yang dilaksanakan pada 23 Maret 2016 yang lalu ini, bertujuan untuk mempertajam temuan-temuan awal penelitian seputar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penelitian ini hendak melihat bagaimana pengalaman perempuan penerima dan bukan penerima program JKN dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Sejumlah 20 orang peserta hadir dalam FGD ini. Mereka merupakan perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Bidan Desa, Kepala Desa, anggota dan pengurus Balai Perempuan, pengurus KPI Cabang Tuban dan Sekwil KPI Jatim.

Temuan awal yang cukup intens didiskusikan adalah terkait dengan data yang tidak tepat sasaran, kurang tersosialisasinya informasi program JKN di Tuban, dan masalah informasi penggunaan kartu jaminan kesehatan, serta kurangnya pengetahuan masyarakat terkait jenis layanan yang dapat diakses melalui kartu tersebut.

Pertemuan ini juga menjadi ajang sosialisasi awal untuk percontohan Balai Perempuan sebagai pusat informasi dan pengaduan JKN. Selain itu, KPI juga meminta komitmen dari pemerintahan agar dapat bekerjasama lebih lanjut.

Dilaporkan oleh: Dewi Damayanti (Partner Engagement Officer, Program MAMPU)