Foto

Konjen Australia di Makassar Kunjungi Serikat PEKKA di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

4_2 3_12
<
>

Pada 9 Juni 2016 yang lalu, Konsulat Jenderal Australia di Makassar melakukan kunjungan ke beberapa kantor mitra Program MAMPU di Sulawesi Tenggara. Salah satunya adalah sekretariat Serikat PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) Buton di Wolowa, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal Australia, Richard Mathews, dan beberapa perwakilan Konjen Australia di Makassar lainnya, hadir secara langsung dan bertemu dengan para anggota dan pengurus serikat PEKKA di Buton. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mendengar secara langsung aktivitas dan perkembangan dari PEKKA.

Fasilitator Lapangan PEKKA, Ibu Yusniah, memberikan pengantar sebelum diskusi dimulai dan memperkenalkan para peserta yang hadir. Ibu Linda, salah satu kader PEKKA, kemudian menjelaskan kegiatan dengan program MAMPU yang sudah dan sedang berjalan di wilayah Bau-bau. Salah satunya adalah diskusi dan KLIK perlindungan sosial yang melibatkan stakeholder dan masyarakat sebagai penerima manfaat. Kegiatan tersebut berfokus pada bantuan kepada para perempuan miskin untuk mengakses pelayanan pemerintah. Selain itu, disampaikan pula suka duka selama melaksanakan kegiatan tersebut.

Salah satu pengurus serikat PEKKA Buton, Ibu Waode Nafisa menyampaikan, “Ada perubahan positif yang dirasakan pasca kegiatan diskusi maupun KLIK perlindungan sosial yang dijalankan di Buton. Kami bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah.”

Untuk menutup diskusi, Serikat PEKKA Buton menyerahkan cinderamata khas Pulau Buton kepada Konsul Jenderal dan perwakilan Konjen Australia di Makassar.

Dilaporkan oleh: Yusniah (PEKKA)