Foto

Kedutaan Australia Kunjungi “Desbumi” Sumbersalak, Jember, Jawa Timur

5_10 4b_0 3_51 2_57 1b_0 1_69
<
>

Pada 1 September 2016, Kedutaan Besar Australia bersama perwakilan Program MAMPU dan Migrant CARE melakukan kunjungan ke Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka evaluasi dan monitoring program Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) yang didukung oleh Komunitas Belajar Tanoker Ledokombo (TANOKER). Dalam kesempatan tersebut, hadir perwakilan dari Satuan Tugas Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Jember.

Desa Sumbersalak merupakan salah satu desa yang menerapkan layanan DESBUMI, yang mencakup layanan informasi, pengurusan dokumen, penanganan kasus, pemberdayaan ekonomi, sosialisasi, pendataan dan peraturan desa. Kegiatan perlindungan dan peningkatan kesejahteraan buruh migran dan anggota keluarganya juga dilakukan di desa ini.

Upaya perlindungan dan peningkatan kesejahteraan buruh migran ini dikukuhkan melalui Peraturan Desa Sumbersalak Nomor 5 Tahun 2015 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia dan Anggota Keluarga asal Desa Sumbersalak. Bahkan pemerintah Desa Sumbersalak juga mengganggarkan dana desa untuk pelatihan dan pembinaan buruh migran pada tahun 2016, sehingga diharapkan pemberdayaan ekonomi bagi purna buruh migran di kampung wisata belajar bisa digalakkan. Tanoker juga melatih buruh migran di Desa Sumbersalak untuk membuat beragam kerajinan, seperti baju, tas, mainan tradisional, hiasan rumah, dan souvenir lainnya.

Menurut Direktur Komunitas Tanoker Ledokombo, Suporahardjo, data yang dihimpun di Desa Sumbersalak tercatat buruh migran yang bekerja di luar negeri hingga Oktober 2015 sebanyak 160 orang. Sedangkan pada Januari hingga Maret 2016 tercatat sebanyak 156 buruh migran.

Dilaporkan oleh: Qorihani (Partner Engagement Officer – Program MAMPU)