Foto

 

Dinas PPPA Belu Gelar Pelatihan Pengutamaan Gender dalam Hukum dan Anggaran

12 Juni 2017
Penulis: admin

2_97 1_119
<
>

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Yayasan BaKTI dan PPSE-KA Belu, didukung oleh Program MAMPU, melaksanakan Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Juni 2017 ini, bertempat di Hotel Nusantara Dua, Atambua, Kabupaten Belu, NTT.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ibu dr. Jois Manek. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Dinas PPPA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Bagian Keuangan, Dinas Peternakan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selama dua hari, peserta diberikan materi yang dibagi atas dua sesi. Sesi hari pertama materi tentang Dasar Hukum Pengarusutamaan Gender (PUG),  Konsep Gender, Persoalan Gender, Konsep PUG dan PPRG serta siklus penganggaran dari desa hingga ke tingkat nasional. Pada sesi hari kedua, peserta dilatih membaca Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) serta melakukan analisis Gender dengan menggunakan GAP.

Hasil dari pelatihan ini, diharapkan 25 Perencana Program dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah memahami tentang PPRG. Kemudian akan ada 25 isu strategis dari masing-masing OPD yang akan dipakai sebagai bahan advokasi ke DPRD.

Kegiatan  ini difasilitasi oleh Misbah Hasan (Seknas FITRA) dan Humaira Husaein sebagai co-fasilitator.

Dilaporkan oleh: Damaris Tnunay (Partner Engagement Officer – Program MAMPU)