Cerita Perubahan

BPJS Ajak Tokoh Perempuan Sosialisasikan Pemeriksaan Kanker Leher Rahim Serentak di Bone

Sosialisasi Kanker (1) Sosialisasi Kanker (3) Sosialisasi Kanker (2) Sosialisasi Kanker (4)
<
>

Pada Selasa, 26 Juli 2016, BPJS Kesehatan Cabang Watampone melaksanakan “Sosialisasi Kanker Leher Rahim” dalam Rangka Pemeriksaan Serentak IVA dan pap smear. Sosialisasi yang bertempat di Aula Pertemuan Pesantren Biru, Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini, dihadiri oleh Kelompok Konstituen yang merupakan dampingan LPP (Lembaga Pemberdayaan Perempuan) Bone dan dampingan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Peserta sosialisasi, sebanyak 48 orang, merupakan perempuan-perempuan yang dianggap sebagai tokoh perempuan dan penggerak masyarakat di tingkat bawah, yang dianggap dapat menyampaikan dan mengajak perempuan-perempuan lain untuk datang pada Pemeriksaan Serentak IVA dan pap smear pada 29 Juli 2016.

Dalam sambutannya, perwakilan BPJS sangat mengharapkan seluruh kaum perempuan untuk tidak malu dan segan memeriksakan kesehatannya guna pencegahan kanker leher rahim yang banyak menyerang kaum perempuan. Pihak BPJS sudah menggratiskan pemeriksaan IVA dan pap smear bagi peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Narasumber dalam pada kegiatan ini adalah Dr. Nuraeni  dari Rumah Sakit M. Yasin Watampone dan Dr. Elvira Sungkar M.Ked (OG) SpOG  dari Rumah Sakit Tenriawaru Bone. Selain menjelaskan penyebab gejala dari kanker leher rahim, narasumber juga menganjurkan peserta untuk mengajak perempuan-perempuan lain untuk memeriksakan dirinya sebagai bentuk pencegahan dan penanggulangan kanker leher rahim, serta pemeriksaan rutin untuk mencegah kanker leher rahim, di antaranya dengan melakukan pemeriksaan IVA, pap smear, dan HPV. Setelah paparan dari narasumber, dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta yang disambut dengan antusias.

Di akhir kegiatan, BPJS menghimbau kepada masyarakat khususnya perempuan untuk segera memeriksakan dirinya di Puskesmas terdekat untuk deteksi dini kanker mulut rahim yang serentak dilakukan pada tanggal 29 Juli 2016. Ada beberapa titik layanan bagi peserta JKN, yaitu:

  • Titik layanan deteksi dini kanker mulut rahim dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA):
  1. Puskesmas Watampone (Jl. Besse kajuara)
  2. Puskesmas Bajoe (Jl. Yos Sudarso)
  3. Puskesmas Ulaweng (Desa Taccipi Kel. Cinnong Kec. Ulaweng)
  4. Puskesmas Mare (Desa Tellu Boccoe, Kel. Padaelo Kec. Mare)
  • Titik layanan deteksi dini kanker mulut rahim dengan metode Pap smear: Rumah sakit TNI Tk. IV M.Yasin Watampone (Jl. Jend. Sudirman Watampone).

Dilaporkan oleh: Martina Majid dan M. Ghufran H. Kordi K. (BaKTI)