Foto

Bentuk Kader dan Organisasi BMI yang Tangguh, SARI Adakan Pelatihan Pengorganisasian di Wonosobo, Jawa Tengah

2_28 1_37 Pimpinan SARI, kepala kantor naker.bu Nur dan camat Garung pak Santosa 35da9d08-5fce-4b6b-a019-7cec748c58e9
<
>

Pada 20 – 21 Juli 2016, SARI, mitra Migrant CARE yang didukung oleh Program MAMPU, mengadakan kegiatan pelatihan Pengorganisasian bagi kader Buruh Migran Indonesia (BMI) di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

SARI memandang penting untuk memberikan pelatihan tentang pengorganisasian terhadap anggota organisasi yang telah ada, serta memunculkan kader-kader perempuan yang tangguh dan solid dalam berjejaring untuk menyuarakan, dan mengawal advokasi kebijakan yang memihak pada BMI.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman para mantan BMI terhadap sebuah organisasi agar lebih optimal dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidup BMI dan keluarganya, serta dapat membentuk kader BMI dan organisasi BMI di desa yang tangguh dan kuat dalam pengorganisasian kelompok, advokasi dan berjejaring.

Peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah perwakilan kelompok yang didampingi oleh SARI, antara lain: Kelompok Muiwo Desa Lipursari – Kec. Leksono, MBM Desa Mergosari – Kec. Sukoharjo, BKM Desa Kuripan – Kec. Watumalang, PAESbumi (Paguyuban Eks Buruh Migran) Kertek, Bumi Sejati Desa Rogojati Sukoharjo, Bumi Sindupaten – Kec. Kertek, Kukuh Bumi, Adi Kusuma Capar – Kec. Kertek, Tanoshi, dan BMW (Buruh Migran Mandiri Wonosobo).

Pelatihan yang dilaksanakan di Homestay Cemara Tujuh, Garung – Wonosobo tersebut, difasilitasi oleh Margaretha T Andoea dari LAW Jakarta. Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wonosobo, Ibu Nuryana serta dihadiri pula oleh Camat Garung, Bapak Santosa.

Dilaporkan oleh: Tri Widiyanto (SARI)