Cerita

Yayasan Satu Karsa Karya “Tenunkoe” Raih Penghargaan Sustainia100

Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) Tenunkoe, yang merupakan salah satu Mitra Hibah Inovasi MAMPU, terpilih menjadi salah satu dari 100 solusi paling berkelanjutan dunia (the world’s most sustainable solutions) bernama SUSTAINIA100 2016, yang berbasis di Kopenhagen, Denmark. SUSTAINIA100 diberikan kepada 100 solusi terbaik terkait isu pembangunan di berbagai negara dalam bidang pendidikan, energi, kesehatan, kota, sumber daya, bangunan, makanan, fashion, transportasi dan teknologi informasi.

Penghargaan ini diraih Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) melalui inisiatif Gerakan Tenunkoe. Gerakan Tenunkoe adalah sebuah gerakan untuk pemberdayaan perempuan di Nusa Tenggara Timur. Tujuan dari gerakan tersebut adalah untuk mengajak masyarakat luas berbagi kasih dengan kaum marginal khususnya perempuan di NTT dalam bentuk pemberian donasi untuk modal usaha, membeli produk-produk buah karya perempuan, menyumbangkan pemikiran untuk memajukan perempuan ataupun bentuk sumbangan lainnya.

Yang membuat inisiatif ini berbeda dengan inisiatif serupa lainnya adalah “Tenun Jam” yang menggunakan metode crowdsourcing. “Tenun Jam”, yang merupakan inisiatif pertama di dunia tenun, adalah kegiatan untuk merancang suatu produk baru dengan mengundang orang-orang muda yang antusias dari Jakarta membentuk tim dan berpikir (“jam”) bersama-sama untuk menciptakan produk baru yang dapat dihasilkan penenun perempuan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Beberapa aktivitas yang dilakukan YSKK melalui Tenunkoe antara lain:

  1. Penguatan Kapasitas. Penguatan kapasitas yang diberikan menyangkut pengelolaan usaha, peningkatan kualitas tenun, serta modifikasi produk untuk menghasilkan produk-produk berbasis tenun.
  2. Infrastruktur Keuangan/ Permodalan. Pembentukan koperasi kelompok untuk mengelola permodalan bagi kelompok-kelompok perempuan pengrajin tenun.
  3. Akses Pasar. Infrastruktur pemasaran melalui media digital untuk memperluas pasar sekaligus sebagai akses donasi yang lebih luas guna tambahan modal

Untuk membaca laporan lengkap SUSTAINIA100 2016 dan informasi mengenai penerima penghargaan lainnya, dapat membuka tautan berikut: https://issuu.com/sustainia/docs/sustainia100_2016.