Cerita

Workshop Pengembangan Strategi Komunikasi untuk Mitra Program MAMPU

Saat ini Program MAMPU sedang memasuki fase kedua dari total 8 tahun program. Pada fase pertama, fokus tujuan Program MAMPU ada pada penguatan kelembagaan organisasi Mitra untuk memberdayakan masyarakat. Sedangkan pada fase kedua, tujuannya pada penguatan organisasi yang berfokus pada penyuaraan, pola pikir, serta praktek yang dilakukan oleh komunitas, pengambil keputusan dan sektor swasta, juga keterlibatan dan partisipasi dalam mempengaruhi opini, serta memasukkan isu ke dalam agenda kebijakan.

Untuk menyampaikan suara perempuan, ada kebutuhan bagi para Mitra Program MAMPU untuk memiliki rencana komunikasi yang kuat dalam mendukung perubahan desain program. Para Mitra memiliki peran yang sangat penting dalam menyeimbangkan dan memberikan informasi yang akurat, serta menyampaikannya melalui berbagai saluran komunikasi kepada audiensi yang tepat, dan dengan pesan yang tepat.

Untuk memastikan setiap Mitra memiliki rencana komunikasi yang komprehensif, Tim Communication and Knowledge Management (CKM) MAMPU melaksanakan workshop pengembangan strategi komunikasi bagi para Mitra MAMPU untuk memperkuat strategi dan perencanaan komunikasi organisasi mereka. Diharapkan, hal ini dapat mendorong dan membantu para Mitra untuk menyuarakan isu mereka dengan cara yang lebih strategis dan efektif.

Tujuan diadakannya workshop ini, antara lain:

  1. Meningkatkan kapasitas dan keterampilan para Mitra dalam mengembangkan strategi dan perencanaan komunikasi yang komprehensif untuk menjalankan aktivitas terkait MAMPU.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam mengemas dan menjual isu para Mitra, agar dapat menarik perhatian para pemangku kebijakan, termasuk media.
  3. Agar para Mitra dapat mengenali dan memahami gaya dan teknik penulisan yang paling tepat dalam menggabungkan isu seputar kemiskinan dan gender, khususnya terkait kerjasama dengan MAMPU.
  4. Para Mitra memahami bagaimana cara mengakses dan menggunakan informasi serta berbagai sumber daya yang ada untuk mendukung strategi dan perencanaan komunikasi.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini, diadakan di tiga wilayah yang berbeda di Indonesia, antara lain:

  1. Wilayah Tengah: mencakup para Mitra yang ada di Jawa, Bali, dan NTB. Lokasi Workshop di Surabaya, Jawa Timur, dan dilaksanakan pada 27 – 29 April 2016.
  2. Wilayah Timur: mencakup para Mitra yang ada di NTT, Maluku dan Sulawesi. Lokasi Workshop di Makassar, Sulawesi Selatan, dan dilaksanakan pada 18 – 20 Mei 2016.
  3. Wilayah Barat: mencakup para Mitra yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Lokasi Workshop di Medan, Sumatera Utara, dan dilaksanakan pada 25 – 27 Mei 2016.

MAMPU mengundang sekitar 45 – 60 staf komunikasi Mitra dan sub-Mitra dari seluruh wilayah (sekitar 15-20 orang per workshop), dimana setiap Mitra mengirimkan 1 – 2 orang staf komunikasi sebagai perwakilan dalam workshop ini.

Sebagai tindak lanjut dari workshop, para Mitra didampingi oleh konsultan komunikasi selama 2 (dua) bulan. Hal ini untuk memastikan para Mitra dapat menerapkan rencana komunikasi, sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya.

Dilaporkan oleh: Tim CKM Program MAMPU