Cerita Perubahan

Komnas Perempuan Kunjungi Sekolah untuk Edukasi Isu Kekerasan terhadap Perempuan

8 Mei 2018
Penulis: admin

MAMPU mendukung kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (K16HAKTP) yang diinisiasi oleh Komnas Perempuan. Sesuai dengan mandat presiden tahun 2005, Komnas Perempuan memiliki fungsi untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan melalui berbagai kampanye publik, salah satunya adalah K16HAKTP.

Kampanye yang diinisiasi sejak tahun 2001 ini, tahun ini berfokus pada peningkatan kesadaran terkait kekerasan terhadap perempuan pada kelompok muda, usia SMP dan SMA. Hal ini dilatarbelakangi trend korban kekerasan yang tiap tahun semakin muda.

Untuk itu Komnas Perempuan mengadakan roadshow ke beberapa sekolah di kawasan DKI Jakarta. Salah satunya adalah SMPN 53, Jakarta Utara. Komnas berbagi pemahaman dan pengetahuan kepada para siswa dan guru SMPN 53. Untuk para siswa, Komnas menjelaskan tentang kekerasan dalam pacaran dan bullying di sekolah. Sedangkan untuk para guru, Komnas berbagi tentang konsep gender dan bullying di sekolah.

Di dalam sesi dengan para siswa, banyak sekali hal-hal menarik yang dibicarakan. Salah satunya, cukup banyak siswa yang baru mengetahui bahwa kekerasan tidak harus selalu kekerasan fisik, bisa juga kekerasan non-fisik. Ada pula yang berbagi cerita tentang dirinya atau temannya yang pernah mengalami kekerasan. Sedangkan dalam sesi dengan para guru, isu gender dan pemahaman tentang kodrat perempuan menjadi fokus diskusi para guru.

Komnas Perempuan selalu terbuka jika ada sekolah-sekolah lain yang ingin mendapatkan sesi pelatihan tentang isu kekerasan terhadap perempuan.