Cerita

Puskapol UI Luncurkan Buku Sepuluh Tahun Perjalanan Lakukan Kajian dan Pendidikan Politik untuk Indonesia

Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia (UI) adakan Peluncuran Buku Sepuluh Tahun Puskapol UI dan Diskusi Tantangan Membangun Lembaga Riset Berintegritas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa (10/01). Acara ini digelar untuk memperingati sepuluh tahun perjalanan Puskapol UI dalam menelurkan beragam kajian dan melakukan pendidikan politik bagi masyarakat, termasuk dalam meningkatkan kapasitas perempuan dalam kepemimpinan dan meningkatkan keterwakilan perempuan dalam parlemen. Program MAMPU turut hadir untuk memberikan apresiasi pada keberhasilan Puskapol UI sebagai lembaga riset yang mumpuni.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc dan Ketua Departemen Ilmu Politik, FISIP UI, Julian Aldrin Pasha, S.IP, M.A., Ph.D hadir dalam acara tersebut dan memberikan pidato sambutan.

Dekan FISIP UI, Arie Setiabudi, dalam pidatonya mengungkapkan harapannya agar kemitraan yang telah terjalin tetap berjalan. Hal senada disampaikan oleh Ketua Departemen Ilmu Politik, FISIP UI, Julian Aldrin, yang memberikan apresiasi terhadap para mitra yang telah memberikan dukungan dalam perjalanan Puskapol UI.

“Puskapol UI tentunya tidak berada di tahap ini tanpa bantuan dari para mitra yang hadir pada hari ini. Tentunya, kami sangat berterima kasih atas dukungan tersebut,” ujar Julian.

Julian juga menambahkan bahwa Puskapol UI akan terus mendukung keterwakilan perempuan di parlemen.

“Selama ini, Puskapol UI telah mengawal kebijakan 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen. Kedepannya, Puskapol UI akan tetap konsisten untuk mendukung keterwakilan tersebut. Kami harapkan, Puskapol UI dapat berkontribusi dalam mewujudkan tata kelola politik yang lebih baik,” ujar Julian.

Acara ini mengundang pemerintah, mitra – mitra terkait dan para perwakilan perempuan di partai politik.

Acara ini menuai tanggapan positif dari para peserta terutama perempuan anggota partai yang sangat terinspirasi dengan kontribusi Puskapol UI selama ini dalam menelurkan berbagai macam kajian ilmiah, melakukan pelatihan kepemimpinan dan pelatihan pembuatan kebijakan.

Heni, salah satu peserta dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Puskapol UI.

“Saya merasa bangga menjadi anggota Pelatihan Perempuan Memimpin yang pernah diselenggarakan oleh Puskapol UI. Saya sangat menghargai selalu ada niatan baik dari Puskapol UI untuk meningkatkan kapasitas perempuan dalam kepemimpinan,” ujar Heni.

Diharapkan Poskapul UI dapat terus memproduksi kajian – kajian ilmiah dan menghadirkan pendidikan politik bagi masyarakat, terutama kaum perempuan di Indonesia.

Dalam pidato penutupnya, Direktur Eksekutif Puskapol UI Periode 2006 – 2016, Sri Budi Eko Wardhani juga berharap kedepannya Puskapol UI tetap konsisten mendukung perempuan untuk memperjuangkan hak – hak mereka di parlemen dan politik.

“Mari kita sama – sama memperjuangkan keterwakilan perempuan di partai politik dan parlemen!” ujar Dhani.

Program MAMPU bekerjasama dengan Puskapol UI dalam melakukan pelatihan perancangan kebijakan.  Pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas mitra-mitra MAMPU dalam melakukan advokasi kebijakan.