Cerita

MAMPU Adakan Pertemuan Nasional Agar Masyarakat Sipil Berpartisipasi dalam SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)

Sustainable Development Goals (SDGs) telah disahkan oleh para pemimpin negara dan pemerintahan di bulan September 2015. Agenda ini berisi 17 tujuan dan 169 target pembangunan global yang akan menggantikan Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir tahun 2015. Agenda ini juga menjadi wujud komitmen para pemimpin negara dan pemerintahan untuk menghapuskan kemiskinan dan berbagai persoalan pembangunan lainnya.

Salah satu catatan penting SDGs adalah keikutsertaan masyarakat sipil dalam proses perumusan tujuan dan target agenda tersebut. Tantangan terbesar saat ini adalah bagaimana agenda pembangunan ini dapat dilaksanakan pada tingkat negara, dengan tetap memastikan keterlibatan aktif dari  masyarakat sipil.

Berangkat dari pemikiran tersebut, MAMPU bersama dengan INFID berinisiatif menyelenggarakan Pertemuan Nasional Masyarakat Sipil Indonesia dengan tema “Mewujudkan SDGs yang Inklusif dan Partisipatif” pada tanggal 5-7 Oktober 2015 di Jakarta.  Pertemuan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang peserta yang merupakan perwakilan dari  masyarakat sipil termasuk mitra MAMPU yang ada di Indonesia.

Pertemuan ini menyoroti dua aspek utama bagi pelaksanaan  SDGs yaitu proses dan subtansi dari setiap tujuan dan target yang ada.

Sebagai rangkaian dari kegiatan ini, MAMPU dan INFID mengadakan lokakarya pengenalan SDGs sekaligus menyusun rencana kerja agar bisa berperan di dalam gerakan advokasi dan kampanye SDGs. Lokakarya ini juga menjadi bagian dari pertemuan masyarakat sipil nasional dalam rangka mengidentifikasi isu-isu strategis SDGs sekaligus menyusun Rencana Aksi Nasional SDGs.

Secara umum, lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat suara-suara perempuan dan CSOs yang tergabung di dalam program MAMPU di dalam proses advokasi dan kampanye SDGs.

Secara khusus lokakarya bertujuan untuk mensosialisasikan proses negosiasi dan substansi SDGs kepada mitra-mitra MAMPU, mempelajari lebih dalam beberapa tujuan dan target SDGs yang berkaitan dengan pelaksanaan program MAMPU dan menyusun rencana tindak lanjut mitra MAMPU dalam proses advokasi dan kampanye masyarakat sipil tentang SDGs termasuk di dalamnya mitra MAMPU.

Lokakarya ini meningkatkan pemahaman mitra MAMPU mengenai proses dan substansi SDGs. Selain itu, mitra-mitra MAMPU telah mengidentifikasi isu-isu strategis pelaksanaan SDGs, menyusun rencana strategis dari mitra-mitra MAMPU terkait dengan program MAMPU yang sedang berjalan, tersusunnya dan disepakatinya Rencana Aksi Nasional SDGs.