Cerita Perubahan

Sekolah Perempuan Adakan Tes IVA Gratis untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Reproduksi di Gresik, Jawa Timur

8 Mei 2018
Penulis: admin

Kesehatan Ibu dan Reproduksi merupakan salah satu isu penting yang harus menjadi perhatian masyarakat. Atas dasar itu, KAPAL Perempuan dengan dukungan Program MAMPU, melalui Sekolah Perempuan bekerjasama dengan RSUD Ibnu Sina Gresik, Dinas Kesehatan, Puskesmas Kec. Wringinanom, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan KPS2K mengadakan kegiatan Pemeriksaan IVA gratis untuk perempuan miskin.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 13 Maret 2016 ini, bertempat di Puskesmas Kesamben Kulon, Kec. Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pemeriksaan IVA gratis tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret, serta HUT Kab. Gresik pada 9 Maret 2016. Dalam acara ini, peserta tidak hanya mendapatkan pemeriksaan IVA secara gratis, namun juga diberi penyadaran terkait kesehatan reproduksi dan penjelasan lebh jauh tentang kanker serviks.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Gresik, Ibu Zumrotus Solikhah. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Zumrotus menyampaikan kebanggaannya pada Sekolah Perempuan, yang menjadi wadah perempuan miskin untuk menimba ilmu terkait kesehatan reproduksi.

“Saya harapkan dengan adanya pengetahuan tersebut, para perempuan khususnya di wilayah Gresik dapat mencegah dampak kanker yang selalu mengancam perempuan.”Ungkapnya.

Sedangkan perwakilan dari Dinas Kesehatan dalam sambutannya berpesan agar Sekolah Perempuan dapat membantu pencatatan orang miskin yang belum mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hal ini sebagai upaya agar sebanyak mungkin masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Gresik mendapatkan Kartu Gresik Sehat dan pelayanan kesehatan. Hal ini merupakan program yang dicanangkan Bupati Gresik untuk mewujudkan masyarakat Gresik yang sehat. Para peserta yang hadir menanggapi pernyataan tersebut dengan tepuk tangan yang meriah.

Rangkaian kegiatan pemeriksaan IVA gratis ini dihadiri oleh 84 orang peserta. Dari 56 orang peserta yang menjalani pemeriksaan IVA, dipastikan ada 10 orang yang positif terkena masalah reproduksi, dan harus menjalani perawatan lanjutan di RSUD Gresik.

 

Dilaporkan oleh: Iva Hasanah, Direktur KPS2K Jawa Timur