Cerita

Staf Partner MAMPU Terpilih jadi TKI Inspiratif Pilihan Tempo 2017

Pada 15 Mei 2017 di Jakarta, Tempo Media Group bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI (Kemnaker) memilih delapan orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Inspiratif yang dinilai mampu menginspirasi masyarakat. Pemilihan ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.

Mereka yang terpilih telah diseleksi dari sekitar 5.000 orang dan memenuhi kriteria paling inspiratif. Dua di antaranya adalah Siti Mariam Ghozali, mantan buruh migran asal Wonosobo (Jawa Tengah) dan Siti Badriyah, mantan buruh migran asal Grobogan (Jawa Tengah) yang saat ini menjadi staf advokasi Migrant CARE.

Siti Mariam Ghozali yang juga dikenal dengan nama Maria Bo Ik, pernah bekerja di Hong Kong dan Taiwan. Saat menjadi TKI, Maria aktif mengikuti kursus bahasa Inggris dan Mandarin, serta menulis cerita pendek dan novel. Berbagai karyanya sudah diterbitkan. Bahkan, di desa asalnya, Maria mendirikan taman bacaan Istana Rumbia yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis. Selain itu, Maria juga berwirausaha dengan membuat tiwul instan yang dijual secara online.

Adapun Siti Badriyah, pernah bekerja sebagai buruh migran di Malaysia pada tahun 2002. Ia memiliki pengalaman buruk saat bekerja: paspornya ditahan oleh agen penyalur, gajinya tidak dibayar, hingga harus kembali ke Tanah Air dengan kapal barang. Dari pengalaman tersebut, Ia aktif memberikan advokasi kepada TKI melalui Konsorsium Pembela Buruh Migran (Kopbumi) dan Migrant CARE, agar TKI lainnya tidak mengalami hal serupa.

Selama ini, buruh migran dikonotasikan dengan berbagai masalah. Oleh karena itu, diharapkan dengan penganugerahan TKI Inspiratif ini dapat memberi inspirasi bagi para TKI lainnya untuk gigih dan bekerja keras, sehingga memberi perubahan positif bagi diri dan lingkungannya.