Cerita Perubahan

PEKKA Luncurkan Buku tentang Perjuangan Perempuan Kepala Keluarga

8 Mei 2018
Penulis: admin

“Buku ini memperlihatkan perjalanan panjang para perempuan-perempuan kepala keluarga Indonesia selama 15 tahun terakhir. Banyak yang menemani dan bergabung sepanjang perjalanan. Membuat pengembaraan ini menjadi seru, mengasyikna dan menguatkan.” Nani Zulminarni – pendiri Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

Kalimat tersebut diungkapkan Ibu Nani ketika peluncuran buku perjalanan PEKKA selama 15 tahun yang berjudul Melawan Keganjilan. “Komunitas Pekka memang melawan keganjilan sejak dari inisiatifnya” ujar Ibu Nani. Perempuan Kepala Keluarga adalah sebuah perlawanan terhadap ideologi patriarki yang dikukuhkan oleh berbagai kelembagaan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat yang secara kaku dan tegas mengatakan dan menganggap bahwa hanya lelaki lah yang jadi kepala keluarga.

Sejak gagasan awal 15 tahun lalu, PEKKA terus bergerak bersama komunitas perempuan kepala keluarga yang terhimpun dalam Serikat Pekka, mencoba menghalau berbagai rintangan yang dihadapi untuk menuju cita-cita hidup sejahtera, adil dan bermartabat.

Untuk melihat perjalanan Pekka hingga kini, PEKKA meminta Roem Topatimasang (INSIST) dan Tan Jo Hahn (SEAPCP) untuk mencermati secara kritis pencapaian, tantangan dan kelemahan serta rekomendasi ke depan. Melalui riset lapangan, mereka menelusuri jejak Serikat Pekka di beberapa titik yang mewakili dinamika perkembangan, keragaman konteks sosial budaya, serta sebaran geografis keberadaan Serikat Pekka. Hasil riset mereka inilah yang kemudian dibuat buku cerita foto yang berisi perjalanan panjang perjuangan Serikat Pekka serta pandangan kritis terhadap apa yang terjadi di lapangan. Buku ini kemudian diberi judul “Melawan Keganjilan”.

Pengadaan buku ini didukung oleh Program MAMPU.