Cerita

Koalisi Perempuan Indonesia Gelar Anugerah Swara Sarasvati 2016

Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) menggelar Anugerah Swara Sarasvati 2016 di Auditorium Adhiyana Wisma Antara, Jakarta Pusat pada 17 Oktober 2016. Penghargaan yang diadakan dua tahun sekali ini mengangkat semangat Dewi Sarasvati dalam menyebarkan inspirasi dan pengetahuan. Sejalan dengan nilai – nilai tersebut, KPI mengangkat tema “Akses Perempuan Miskin terhadap Jaminan Kesehatan Nasional” yang diharapkan berdampak pada penguatan peran perempuan di berbagai aspek.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jendral KPI, Dian Kartika Sari mengatakan, “Ini merupakan bentuk penghargaan Koalisi Perempuan Indonesia terhadap media dan jurnalis yang menyuarakan hak perempuan miskin untuk mendapatkan hak kesehatan”.

Dian menambahkan, “Perempuan miskin mengalami kendala dalam segala hal, mulai dari informasi hingga hal – hal teknis pendaftaran JKN”.

JKN dan kemiskinan perempuan di tahun 2016 menjadi fokus utama KPI. Didasarkan pada hasil penelitian dan laporan masyarakat di wilayah dampingan KPI. KPI melihat bahwa pelayanan kesehatan bagi perempuan saat ini masih rendah. Disinilah media dapat berperan aktif untuk mendengarkan dan membagikan pengalaman masyarakat.

Hesthi Murti (Ketua Bidang Perempuan dan Anak AJI), Ignatius Haryanto (dosen UMN), Zumrotin K.S. (Ketua Yayasan Kesehatan Perempuan) dan Arswendo Atmowiloto  (jurnalis senior dan pengamat budaya) ikut terlibat sebagai dewan juri. Kelima dewan juri tersebut mengamati 1.298 artikel yang dipublikasikan di media cetak, daring, radio dan TV selama 14 bulan terakhir.

Dari hasil penilaian, Tempo.Co terpilih sebagai pemenang untuk kategori Media Daring, Radio Republik Indonesia untuk kategori Radio dan Harian Terbit untuk Media Cetak. CNN dan Net TV memenangkan kategori Media TV.

Mitra Tarigan, salah satu penerima pengharagaan dari Tempo tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Tempo merasa bangga menerima penghargaan ini”.

Nadlroh As Sariroh, Presidium Nasional untuk Koalisi Perempuan Indonesia dalam pidatonya berharap melalui penghargaan tersebut media dan jurnalis diharapkan dapat lebih berkomitmen  dalam memberikan kepedulian terhadap permasalahan sosial dan kesehatan yang dialami perempuan.