Cerita

Juliani: Magang Pengurus SPR Sejahtera, Membawa Manfaat

Aku Juliani, seorang wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Serikat Pekerja Rumahan (SPR) Sejahtera di Deli Serdang, Sumatera Utara. Sudah setahun ini aku menjabat sebagai wakil ketua DPD SPR Sejahtera. Aku senang sekaligus bangga karena para anggota SPR Sejahtera telah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepadaku.

Pada awalnya, aku masih belum mengerti harus menjalankan program taktis apa sebagai wakil ketua DPD SPR Sejahtera. Mengetahui kekhawatiranku ini, SPR Sejahtera memberikan kesempatan untuk magang di Serikat Buruh Bersatu Indonesia (SBBI) dengan didampingi oleh Bapak Dahlan Ginting, ketua SBBI. Selama masa magang tersebut banyak hal yang aku pelajari. Peristiwa yang paling berkesan adalah saat aku ikut serta dalam agenda penanganan kasus di kantor Pengadilan Negeri Medan. Aku jadi mengetahui bagaimana proses penyerahan bukti tertulis dari penggugat dan tergugat.

Pada hari berikutnya, SPR Sejahtera mengajakku ke kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Medan untuk mengikuti sidang mediasi. Sepulang dari Disnaker Kota Medan, aku dan Bapak Dahlan Ginting langsung bergegas menuju ke kantor Serikat Pekerja Nasional (SPN) untuk mengikuti rapat Aliansi Serikat Pekerja Se‐Sumatera Utara untuk membicarakan agenda Penolakan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Sungguh pengalaman luar biasa yang membuka mataku tentang perundang-undangan dalam pengupahan pekerja.

Pengalaman ini tidak hanya mengajarkanku tentang bagaimana melakukan pengaduan dan penyelesaian kasus tetapi juga bagaimana cara mengorganisir anggota SPR untuk tujuan bersama. Aku juga semakin handal menyuarakan pendapat untuk kebaikan pengurus Serikat Pekerja, terutama dalam hal upah. Aku semakin bersemangat untuk belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Semoga aku dapat membawa SPR Sejahtera mencapai kesuksesan.

Salam, Juliani.

Ditulis oleh: Juliani