Cerita

Bagaimana MAMPU Melakukan Pembangunan dengan Pendekatan Berbeda (Doing Development Differently)

MAMPU berpartisipasi dalam lokakarya Melakukan Pembangunan dengan Pendekatan Berbeda (Doing Development Differently/DDD4) dengan tema Menerapkan Agenda Pembangunan Baru. Acara diselenggarakan pada 15-16 Maret 2017 di Jakarta. Acara ini dilakukan bersama-sama oleh Bappenas, World Bank Indonesia, Program KOMPAK dan Knowledge Sector Initiative (KSI), dengan dukungan dari Pemerintah Australia.

Pada hari pertama di acara ini, MAMPU berbagi teori perubahan tentang bagaimana MAMPU melakukan pembangunan dengan menggunakan pendekatan berbeda, di salah satu sesi yang disebut Marketplace, bersama dengan program pembangunan dan lembaga lain seperti Jakarta Poverty Action Lab; KOMPAK; Bank Dunia; KSI; INOVASI; Clear Horizon; UNDP; Program Pengembangan Kepemimpinan; PEDULI dan Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ).

Di sesi Marketplace ini, MAMPU menyampaikan bahwa MAMPU tidak melakukan ‘bisnis seperti biasa’ dalam desain dan pendekatannya. Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa ‘suara kolektif perempuan dapat menghasilkan kebijakan, program, dan hukum yang agak berbeda dibandingkan dengan kebijakan yang akan muncul tanpa adanya tindakan kolektif. MAMPU menciptakan lingkungan di mana suara perempuan dapat menyatu menjadi sebuah suara kolektif sehingga dapat mempromosikan lembaga perempuan dan kesetaraan gender secara lebih besar. Desain ini juga mencerminkan kebutuhan yang terus berkembang agar lembaga donor bisa semakin fleksibel dan memberikan kesempatan kepada orang-orang yang inovatif dalam pemerintahan untuk bekerja secara kolektif dalam mencapai hasil yang positif.

Dengan pemikiran ini, MAMPU memberi hibah dan ‘ruang’ untuk berinovasi pada tujuh CSO untuk mencari dan menguji solusi dalam menjawab berbagai tantangan di sekitar area tematik MAMPU. Mereka dipandu oleh sejumlah prinsip – membangun kekuatan mereka; kebutuhan untuk melakukan perubahan secara luas; mengembangkan jaringan dan hubungan ke pemerintah; menjembatani upaya-upaya di tingkat nasional dan lokal; dan menggunakan bukti-bukti sebagai dasar untuk melakukan advokasi untuk perubahan. MAMPU juga membantu mitra CSO nasional untuk meningkatkan kapasitas organisasi mereka, dalam melakukan advokasi dan kesiapan untuk melakukan tindakan kolektif.

Lebih lanjut tentang Bagaimana MAMPU Melakukan Pembangunan dengan Pendekatan Berbeda (Doing Development Differently), klik link berikut http://www.mampu.or.id/sites/default/files/publications/MAMPU%20-%20DDD4…